Jumat 07 Agustus 2020, 08:58 WIB

Awas, tak Benar Gunakan Masker Bakal Dikenai Sanksi

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Awas, tak Benar Gunakan Masker Bakal Dikenai Sanksi

MI/Andri Widiyanto
Warga mengenakan masker saat menunggu kedatangan bus di halte bus kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (1/8/2020).

 

BAGI warga Jakarta yang menggunakan masker secara tidak benar bakal dikenakan sanksi oleh Satpol PP DKI. Lewat operasi bernama tertib masker atau tibmask, warga diminta patuh memakai masker dengan benar selama beraktivitas di luar rumah.

"Jangan pakai masker taruhnya di leher, di dagu, itu enggak boleh. Pakai masker ya tutup hidung dan mulutnya. Kalau pakai (masker) enggak benar akan kena sanksi," kata Kepala Satpol PP DKI Arifin saat dihubungi, Jumat (7/8).

Selain itu, warga bakal dikenakan sanksi apabila terlihat tidak memakai masker. Meskipun membawa tetapi tidak dipakai, malah disimpan dalam saku atau tas, akan dikenai sanksi.

"Itu berarti enggak tertib, kena denda juga. Hati-hati operasi tibmask ini lebih tegas dibandingkan kemarin, kalau kemarin orang pakai maskernya nggak bener masih diperingatkan, kalau ini ada sanksi," tukas Arifin.

Baca juga: Tak Pakai Masker, 43 Warga Pondok Kopi Dikenakan Sanksi

Kebijakan itu, sebutnya, semata mencegah adanya penularan yang masif di satu tempat selama perpanjangan PSBB masa transisi.

"Jadi bukan lagi OK Prend (Operasi Kepatuhan Peraturan Daerah), tetapi operasi tibmask, tertib masker. Supaya lebih bisa di pahami masyarakat, kalau OK Prend banyak yang enggak dipahami masyarakat," pungkasnya.

Pemprov DKI Jakarta telah memberikan sanksi terhadap 595 tempat usaha dan 60 tempat hiburan yang melanggar selama masa transisi per Rabu (5/8).

Arifin juga menyebut per 3 Agustus 2020, tercatat ada sebanyak 62.198 warga yang dikenakan denda lantaran tidak mengenakan masker. Denda yang terkumpul pun mencapai Rp2,47 miliar.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Operasi Yustisi PSBB, 20 Perkantoran dan 211 Restoran Disegel

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 25 September 2020, 22:14 WIB
"Perkantoran yang memperbolehkan di luar batas yang ditentukan, kemudian ada tempat makan atau restoran ini ternyata masih ada...
Dok. Pribadi

BNNK Jaksel Gandeng Figur Publik Gelar Ajang Kreatif Anti-Narkoba

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 25 September 2020, 22:00 WIB
BADAN Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Selatan menjadi pintu gerbang utama dimulainya kawasan hijau bebas...
MI/Bary Fathahilah

Gelar Resepsi Pernikahan, Dua Pengelola Gedung Dapat Peringatan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 25 September 2020, 21:52 WIB
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta menindak dua pengelola gedung karena menggelar resepsi pernikahan di tengah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya