Jumat 07 Agustus 2020, 05:00 WIB

Sudah 801 Orang Mendaftar Jadi Relawan

BY/Ata/X-11 | Humaniora
Sudah 801 Orang Mendaftar Jadi Relawan

ANTARA/M AGUNG RAJASA
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin covid-19 di FK Universitas Padjajaran kemarin

 

TIM Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung akan memulai uji klinis fase III vaksin virus korona produksi Sinovac Tiongkok, Selasa (11/8). Saat ini terdapat 801 calon subjek yang sudah mendaftar dari total kebutuhan 1.620 orang.

Ketua tim uji coba fase III vaksin virus korona Unpad, Kusnandi Rusmil, mengatakan, meski belum terpenuhi, pihaknya akan langsung memulai penelitian sambil menunggu calon subyek berikutnya. “Kita running saja dulu, tidak usah menunggu semuanya ada,” kata Kusnandi dalam acara Kick off Meeting dan Simulasi Uji Klinis Vaksin Covid-19 di Bandung, kemarin.

Pelaksanaan uji coba vaksin virus korona akan dilakukan di enam tempat berbeda, yakni empat puskesmas di Bandung (Garuda, Ciumbuleuit, Dago, Puter) serta Balai Kesehatan Unpad dan Rumah Sakit Pendidikan Unpad.

Pada tahap pertama, calon subjek akan dicek kesehatan fisik lalu menandatangani pernyataan kesiapan menjadi relawan. “Tiga hari kemudian akan divaksin. Nanti 50% dapat vaksin, 50% dapat plasebo secara random,” ujar Kusnandi.

Selang dua pekan kemudian, seluruh subjek yang sudah menjalani vaksin pertama akan kembali diberi vaksin. Setelah enam bulan, mereka akan kembali dicek darah untuk mengetahui apakah vaksin berhasil membentuk antibodi di tubuh mereka.

Kusnandi menjelaskan, selama mengikuti penelitian, seluruh subjek akan dipantau oleh sekitar 50 dokter. Kesehatan subjek pun akan dijamin, mulai pemberian asuransi hingga penyediaan layanan rumah sakit.

Meski optimistis uji coba akan berhasil, Kusnandi berharap para relawan jangan sampai lengah karena merasa sudah diberi vaksin dan harus tetap mengikuti protokol kesehatan.

Di tempat yang sama, Kepala Badan POM RI, Penny K Lukito, menyatakan Badan POM berkomitmen untuk melakukan pengawalan pemenuhan peraturan, standar, dan persyaratan di sepanjang siklus perjalanan vaksin. “Mulai tahap pengembangan formulasi sampai distribusi obat, termasuk tahapan uji klinik tahap III,” ujarnya.

Selain mengimbau tim peneliti dan seluruh pihak yang terlibat untuk senantiasa memenuhi semua ketentuan, Penny berharap masyarakat selalu mendukung upaya pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19, yaitu salah satunya dengan menjadi relawan uji klinis. (BY/Ata/X-11)

Baca Juga

Ist/KLHK

Dukung Lahan Bekas Tambang Jadi Kawasan Wisata, KLHK Bangun IPAL

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 September 2020, 22:42 WIB
KLHK melakukan monitoring perkembangan kegiatan pemulihan lahan bekas tambang batu di Desa Cisantana, Kecamatan Cibubur, Kabubaten...
dok.medcom

Survei: PJJ Dorong Pernikahan Usia Dini dan Kekerasan Anak

👤Bagus Suryo 🕔Sabtu 26 September 2020, 22:20 WIB
DAMPAK pembelajaran jarak jauh (PJJ) memicu meningkatnya fenomena pernikahan usia dini dan kekerasan pada...
Antara

Gunung Salak Rawan Longsor, Kenali Risiko dan Mengungsi jika Perlu

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 26 September 2020, 22:05 WIB
BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerima informasi mengenai tanah longsor yang terjadi di Gunung Salak, Provinsi Jawa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya