Jumat 07 Agustus 2020, 04:10 WIB

Jatim dan Jabar Jajaki KBM Tatap Muka

Faishol Taselan | Nusantara
Jatim dan Jabar Jajaki KBM Tatap Muka

MI/Adi Kristiadi
Sejumlah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Kertasari telah melakukan kegiatan belajar mengajar tatap muka secara terbatas.

 

ANGKA korban covid- 19 di Jawa Timur masih di atas 200 per hari. Namun, Dinas Pendidikan Jawa Timur menjajaki kemungkinan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka bagi siswa SMA dan SMK terhitung 18 Agustus 2020.

“Kami tidak akan gegabah dan perlu koordinasi dengan berbagai pihak terkait dengan rencana ini. Masih kita jajaki, tidak semua siswa akan diperkenankan masuk kelas,” kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi di Surabaya, Kamis (6/8).

Dia menyebutkan sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk melangsungkan pembelajaran tatap muka, di antaranya mendapat persetujuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten/Kota, persetujuan wali murid, masukan dari BNPB dan IDI, serta berbagai tahapan uji coba.

Untuk tahap awal uji coba, daerah yang masuk zona merah, sifnya 25% masuk, sedangkan daerah zona oranye dan kuning bisa 50% disesuaikan dengan kondisi wilayah sekolah. Jam belajar dibatasi cuma 50% dari hari normal.

“Ada surat edaran menteri, yang zona hijau diperbolehkan tatap muka. Di luar zona hijau, belum bisa tatap muka, khususnya SMA/SMK. Kelengkapan protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan dan hand sanitizer, harus disiapkan oleh pihak sekolah,” sebutnya.

Jawa Barat juga telah mempersiapkan diri untuk KBM tatap muka. Sebanyak 22 kecamatan di wilayah Bandung Barat dan Cianjur tengah berbenah untuk dapat menjalankan KBM tatap muka mulai 18 Agustus 2020.

Kesiapan protokol kesehatan, baik fasilitas maupun teknis, sedang dikebut seperti kesiapan hand sanitizer, tempat cuci tangan, serta pengaturan kapasitas kelas.

“Dalam satu minggu ini kami kerja maraton. Rencana akan menggelar simulasi. Insya Allah semua sekolah siap,” tutur Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat Wilayah VI Ester Miori Dewayani, kemarin.

Kecamatan yang dibolehkan menggelar KBM tatap muka ialah yang wilayahnya masuk zona hijau covid-19. Kecamatan di Bandung Barat yang telah siap di antaranya Cipendeuy, Sindangkerta, Rongga, dan Gununghalu, sedangkan 18 kecamatan di Cianjur meliputi Agrabinta, Sindangbarang, Leles, Tanggeung, Pasirkuda, Kadupandak, Takokak, Sukanagara, Pagelaran, Campaka, Cibeber, Warungkondang, Gekbrong, Sukaluyu, Haurwangi, Mande, Cugenang dan Sukaresmi.


BOS buat pulsa

Kadisdik Provinsi Bangka Belitung Muhammad Soleh mengungkapkan di wilayahnya sudah dua sekolah menggunakan dana biaya operasional sekolah (BOS) untuk membeli kuota sebesar 14 GB per siswa.

Pembagian kuota internet kepada siswa untuk membantu sistem pembelajaran daring sesuai arahan Mendikbud. “Saat ini baru SMA 2 dan SMKN 3 di Pangkalpinang yang membagikan pulsa kepada siswa untuk pembelajaran daring,” terang Soleh.

Pihaknya baru mengizinkan dua sekolah tersebut menggunakan dana BOS untuk beli kuota internet agar tidak menyalahi aturan. Jika penggunaan oleh pihak sekolah sudah benar, nantinya seluruh sekolah dipersilahkan menggunakan dana BOS untuk beli kuota.

Kepala SMA Negeri 3 Pangkalpinang, Kunlistiani, mengaku siswanya tidak mendapat dana BOS untuk beli pulsa karena belum menerima petunjuk dari Disdik. (DG/RF/N-1)

Baca Juga

MI/Susanto

Pasha Ungu Diangkat Jadi Pelaksana Tugas Wali Kota Palu

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 September 2020, 20:55 WIB
Hidayat mengambil cuti selama 69 hari terhitung mulai 26 September hingga 5 Desember mendatang, karena sedang mengikuti tahapan...
MI/Supardji Rasban

Buntut Dangdutan Tegal Warga jalani Tes Swab dan Rapid

👤Supardji Rasban 🕔Sabtu 26 September 2020, 18:20 WIB
Swab dan rapid tes itu dipantau langsung Wakil Walikota Tegal, Muhammad Jumadi, beserta sejumlah pejabat...
Antara/Adeng Bustomi

Puluhan Penambang Ilegal di Sorong akan Dijerat Pasal Berlapis

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 26 September 2020, 18:05 WIB
Petugas gabungan menangkap 57 pelaku penambangan ilegal galian C di kawasan Hutan Lindung Remu, Sorong, Papua Barat. Pelaku terancam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya