Kamis 06 Agustus 2020, 19:15 WIB

Renovasi Stadion Gelora Bung Tomo Hampir Rampung

Akmal Fauzi | Olahraga
Renovasi Stadion Gelora Bung Tomo Hampir Rampung

Antara/Moch Asim
Pekerja menyiram bagian rumput Stadion GBT yang sempat dirusak suporter.

STADION Gelora Bung Tomo (GBT) di Surabaya menjadi salah satu venue utama penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Saat ini, renovasi Stadion GBT hampir rampung atau sekitar 90%.

Stadion yang menjadi kebanggaan Arek Suroboyo siap menyambut utusan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA). Mereka akan memverifikasi kelayakan stadion pada September mendatang. Adapun Stadion GBT memiliki fasilitas tiga lapangan untuk latihan.

Baca juga: PSSI Laporkan Persiapan Piala U-20 2021 kepada FIFA

“Nanti ada kunjungan FIFA pada September. Saat ini stadion utama (GBT) sudah 90% siap," ujar Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini di gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kamis (6/8).

Pengerjaan lapangan latihan yang menjadi syarat penyelenggara terus dikebut. Dua di antaranya sudah hampir selesai, yakni lapangan Gelora 10 November dan Lapangan Thor. Sementara itu, tiga lapangan lain baru dibuat di sekitar area Stadion GBT.

Risma menyebut akses menuju Stadion GBT telah ditambah. Ada sejumlah jalan baru yang dalam tahap pembangunan. Semua pekerjaan harus selesai maksimal Januari atau Maret 2021.

Baca juga: Pandemi Belum Reda, Kompetisi IBL Optimalkan Platform Digital

Keberadaan fasilitas lapangan berstandar internasional di Surabaya, lanjut Risma, bukan sekadar mendukung kesuksesan pelaksanaan PIala Dunia U 20 2021. Namun, lapangan itu bisa dimanfaatkan untuk kompetisi sepak bola skala internasional.

"Di Surabaya itu ada 84 Sekolah Sepak Bola (SSB). Makanya, kami ingin mendorong mereka agar menjadi pesepak bola andal. Bukan hanya membawa harum nama bangsa dan negara, tetapi bisa bersaing di kancah internasional," jelas Risma.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menyebut Stadion GBT layak menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. Akan tetapi, ada persoalan bau tak sedap akibat posisi TPA Benowo sangat dekat dengan Stadion GBT.

Baca juga: Ini Enam Stadion Indonesia untuk Piala Dunia U-20

“Kami optimis Surabaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Karena buat Surabaya ini bukan pertama. Pengalaman Surabaya jadi tuan rumah event internasional tidak perlu diragukan," kata Zainudin.

FIFA telah memilih enam venue untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 2021. Selain GBT, ada Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta) dan Stadion Manahan (Solo).(OL-11)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

PBSI Kesulitan Berlakukan Promosi Degradasi Tahun Ini

👤Antara 🕔Senin 28 September 2020, 05:30 WIB
PBSI tak punya patokan dalam menentukan kriteria seorang atlet bisa dipromosikan atau terdegradasi tahun depan. Penyebabnya banyaknya...
AFP

LA Lakers Akhiri Magi Nuggets

👤MI 🕔Senin 28 September 2020, 01:15 WIB
BERAKHIR sudah magi Denver Nuggets yang dua kali membalikkan skor 1-3 menjadi kemenangan di playoff basket NBA musim...
AFP/Marco Bertorello

Julian Alaphilippe Rebut Gelar Juara Dunia Sepeda Jalan Raya

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 28 September 2020, 00:10 WIB
Alaphilippe sukses mengkalkulasi strategi untuk melepaskan diri dari peloton di tanjakan Cirna Gallisterna, 12 km jelang finis di Sirkuit...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya