Kamis 06 Agustus 2020, 18:00 WIB

Kabareskrim: Skandal Surat Jalan Joker Masih Diproses

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Kabareskrim: Skandal Surat Jalan Joker Masih Diproses

Antara
Kabareskrim Polri Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo

 

KABARESKRIM Polri Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa tim penyidik tengah melakukan proses pendalaman terkait kasus pemalsuan surat jalan untuk Joko Tjandra.

"Penyidik sedang melakukan proses pendalaman, nanti akan kami informasikan lebih lanjut," janji Listyo kepada mediaindonesia.com, Kamis (6/8).

Lantaran masih didalami itu, hingga kini Bareskrim belum menetapkan Joko Tjandra sebagai tersangka pada kasus dugaan surat jalan dan penghapusan red notice untuk dirinya. Akibatnya buronan kasus cessie Bank Bali itu leluasa melenggang keluar-masuk Indonesia.

Padahal, pengacara Joko Tjandra, Anita Kolopaking telah ditetapkan sebagai tersangka dalam skandal surat jalan palsu yang diterbitkan Brigadir Jenderal (Brigjen) Prasetijo Utomo untuk kliennya itu.

Anita disangkakan dengan Pasal 263 (2) dan Pasal 223 KUHP.

Sebelumnya, Bareskrim juga telah menetapkan Brigjen Prasetijo Utomo tersangka karena diduga telah membuat dan menggunakan surat palsu.

Penyidik pun menyita barang bukti berupa dua surat jalan, dua surat keterangan pemeriksaan Covid-19, serta surat rekomendasi kesehatan untuk sang Joker, julukan Joko.

Baca Juga:

Listyo pun memastikan bahwa Joko bisa ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemalsuan surat jalan, kendati sudah jadi terpidana dalam kasus lain.

Listyo menjelaskan perkara dugaan tindak pidana cassie Bank Bali merupakan kasus korupsi yang sudah inkrah dengan terpidana Joko.

Sementara kasus pemalsuan surat jalan merupakan tindak pidana umum yang kini masih dalam proses penyidikan Bareskrim. (OL-13)

Baca Juga

MI/Fransisco Carollio

Jokowi Soroti Keamanan Pemilu, Polri: Ada Gakkumdu

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 28 September 2020, 23:55 WIB
Menurut Polri apapun yang berkaitan dengan pelanggaran di pilkada harus melalui Sentra Penegakan Hukum Terpadu...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Napoleon Gugat Sangkaan Terima Suap Joko Tjandra

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 28 September 2020, 21:35 WIB
Kuasa hukum menyebut Polri selaku termohon tidak memiliki bukti penerimaan suap terhadap kliennya, tersangka gratifikasi, Irjen...
Dok Mi

Ahli Ingatkan Kewenangan Penyidikan Jaksa Terbatas

👤Ant 🕔Senin 28 September 2020, 21:13 WIB
Di sisi lain, ia mengakui tidak ada negara di dunia penyidik itu tunggal. Namun, kewenangan jaksa dalam penyelidikan dan penyidikan itu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya