Kamis 06 Agustus 2020, 17:54 WIB

LIPI Terbitkan Jurnal Edisi Khusus Demografi dan Covid-19

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
LIPI Terbitkan Jurnal Edisi Khusus Demografi dan Covid-19

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Seorang anak bermain di samping mural bertema COVID-19 di Jakarta, Senin (27/7/2020).

 

PUSAT Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meluncurkan Jurnal Kependudukan Indonesia (JKI) edisi khusus Demografi dan Covid-19 di Indonesia.

Ketua Dewan Redaksi JKI Mita Noveria mengatakan, sejak kemunculan pandemi covid-19 pada Maret lalu, masyarakat di Indonesia mengalami kebingungan bagaimana cara bertahan dan menghadapi pandemi.

Kesimpangsiuran informasi pun turut memperparah kondisi, sebab itu, JKI memutuskan untuk menerbitkan edisi khusus yang memuat berbagai informasi terkait pandemi dari sumber-sumber yang valid.

“Penyebaran covid-19 yang cepat ini mengungkapkan bahwa kita perlu memahami bagaimana dinamika kita hidup dalam situasi pandemi. Pada saat yang sama, kajian demografi dapat membantu melihat dan memproyeksikan dampak pandemi dan konsekuensi ekonomi terhadap dinamika populasi di masa depan, karena itulah kami redaksi JKI merasa penting untuk merangkum berbagai pandangan dalam studi demografi dan sosial dalam sebuah edisi yang khusus,” kata Mita dalam peluncuran JKI edisi khusus, Kamis (6/8).

Baca juga: Pasca Covid-19, Diprediksi Energi Terbarukan akan Eksis

Dia menjelaskan, JKI edisi khusus ini berisi kumpulan artikel pendek yang diseleksi dari 50 menjadi 20 artikel. Latar belakang para penulisnya pun sangat bervariasi, dari beragam keilmuan dan institusi hampir di seluruh wilayah geografis di Indonesia.

Beberapa artikel yang dimuat di dalam jurnal edisi khusus ini antara lain Penanggulangan Covid-19 dalam Kerangka Teori Kependudukan Malthius, Dampak Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Gender di Indonesia, Produktivitas Selama Work From Home, Mempersiapkan Ketahanan Keluarga Selama Adaptasi Kebiasaan Baru di Masa Pandemi Covid-19, dan masih banyak lagi.

JKI merupakan jurnal yang bersifat peer review yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Kependudukan LIPI dua kali dalam setahun yakni pada Juni dan September.(OL-5)

Baca Juga

Dok BIN

BIN Pastikan Pakai Lab PCR Berstandar Tinggi

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 28 September 2020, 21:37 WIB
BIN menegaskan tingkat keakuratan tes usap ini telah memenuhi standar protokol...
Thinkstock

World Heart Day 2020: Perbaiki Kualitas Hidup Pasien Gagal Jantung

👤Eni Kartinah 🕔Senin 28 September 2020, 21:06 WIB
Dari sekitar 2.000 pasien gagal jantung, penyebab terbanyak di Indonesia adalah hipertensi, penyakit jantung koroner, dan...
Antara

Kemendikbud: Jika Kuota Umum Diperbesar, Operator Nggak Kuat

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 28 September 2020, 20:15 WIB
BANYAK siswa dan guru meminta pemerintah meningkatkan porsi kuota umum pada subsidi kuota internet yang disalurkan Kemendikbud. Sayangnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya