Kamis 06 Agustus 2020, 17:16 WIB

Pemkab OKI Beri Bantuan Permodalan bagi UMKM

Dwi Apriani | Nusantara
Pemkab OKI Beri Bantuan Permodalan bagi UMKM

Antara
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten Ogan Komering Ilir terus berkomitmen dalam pemulihanekonomi di daerahnya. Termasuk memastikan UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) agar dapat bertahan di masa pandemi covid-19 saat ini.

Dalam pemulihan ekonomi ini, ada sebanyak 17 ribu UMKM di OKI yang dibantu modal oleh Pemkab OKI. Besarannya Rp600 ribu per UMKM. Dari 17 ribu UMKM tersebut, sekutar 12 ribu UMKM sudah menerima bantuan modal.

Kepala Inspektorat Kabupaten OKI, Syarifuddin mengatakan, Pemkab OKI saat ini sudah menjalankan intruksi dari pemerintah pusat untuk memaksimalkan upaya pemulihan ekonomi di daerahnya, salah satunya memperkuat sektor UMKM.

"Sudah 12ribu UMKM kita bantu permodalan, memang bilangan nominalnya kecil, tapi ini bentuk perhatian pemerintah agar di masa pandemi seperti ini UMKM bisa tetap bertahan," jelas Syarifuddin, Kamis (6/8).

Ia mengatakan, saat ini Pemkab OKI sedang memperbaharui data 5.000 UMKM yang belum tersalur bantuan permodalannya. Namun dalam waktu dekat, diyakini akan selesai pembaharuan datanya dan segera disalurkan.

"Segera disalurkan bagi UMKM yang belum mendapat bantuan modal," kata dia.

Dijelaskan Syarifuddin, bantuan untuk  UMKM ini disalurkan melalui rekening masing-masing UMKM, penyalurah dilakukan oleh Bank BRI.

Ia menuturkan, besaran bantuan Rp600 ribu per UMKM ini juga termasuk para pemilik kantin sekolah. Tapi karena mereka belum melakukan aktivitas sehingga belum dicairkan agar tidak disalahgunakan nantinya.

Untuk pengawasan penyaluran bantuan tersebut, tidak masalah. Syarifuddin menyebut hal itu karena penyaluran bantuan langsung lewat satu bank dan langsung ke rekening penerima masing-masing.

Baca juga : Proyek Jalan Kelok 18 di DIY Dilelang Tahun Ini

"Untuk saat ini baru satu bulan diberikan tapi kedepan akan dilihat seperti apa nantinya," terang dia.

Bupati OKI, Iskandar membenarkan bantuan untuk UMKM di OKI yang sudah terdata dan mendapat bantuan UMKM sebanyak 12 ribu, dan sisanya 5 ribu masih dalam proses.

"Total bantuan dari Pemkab OKI untuk UMKM yang ada di Sumsel total sekitar Rp10 miliar," imbuhnya.

Dengan bantuan tersebut, kata dia, para pelaku UMKM dapat kembali memulai usahanya dan diharapkan perekonomian di OKI dapat bergairah  kembali.

"Apalagi menuju new normal, masyarakat dapat bisa dengan bebas beraktiftas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Harapan kami, dengan bantuan ini pula, UMKM di OKI bisa semakin inovatif dalam memasarkanproduknya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka," pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/AGUS MULYAWAN

Jawab Gus Mus, Mahfud: Polri Akan Usut Pidana Dangdutan di Tegal

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 26 September 2020, 21:15 WIB
Keterangan Mahfud itu menjawab pernyataan KH Mustofa Bisri melalui akunnya...
MI/Susanto

Pasha Ungu Diangkat Jadi Pelaksana Tugas Wali Kota Palu

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 September 2020, 20:55 WIB
Hidayat mengambil cuti selama 69 hari terhitung mulai 26 September hingga 5 Desember mendatang, karena sedang mengikuti tahapan...
MI/Supardji Rasban

Buntut Dangdutan Tegal Warga jalani Tes Swab dan Rapid

👤Supardji Rasban 🕔Sabtu 26 September 2020, 18:20 WIB
Swab dan rapid tes itu dipantau langsung Wakil Walikota Tegal, Muhammad Jumadi, beserta sejumlah pejabat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya