Kamis 06 Agustus 2020, 16:30 WIB

DKI Usul Reklamasi Ancol Masuk Perda

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
DKI Usul Reklamasi Ancol Masuk Perda

MI/Ramdani
Taman Impian Jaya Ancol

 

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan sudah mendengar adanya usulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mengakomodasi proyek reklamasi Ancol ke dalam revisi Peraturan Daerah (Perda) No. 1 tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi.

Pihaknya mengaku akan menampung semua usulan dari Pemprov DKI sebagai pengusul revisi perda tersebut untuk masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) tahun ini.

Namun, politikus PDIP itu mengingatkan agar Pemprov DKI tidak mengintervensi pembahasan revisi perda yang dilakukan oleh legislatif.

"Kita pasti akan menampung usulan berbagai pihak, nggak cuma Pemprov DKI. Usul boleh, tapi ingat, jangan mengintervensi. Kalau mengintervensi kami tidak mau," kata Pantas saat dihubungi mediaindonesia.com, Kamis (6/8).

Sampai saat ini pembahasan revisi perda itu masih dalam tahap awal. Menurutnya, membahas revisi perda ini bukan perkara mudah.

Baca juga: Salah Kaprah Reklamasi Ancol Atasi Banjir

Perda ini disebutnya masuk ke dalam golongan perda berat. Pihaknya harus menelaah lebih dalam untuk bisa menghasilkan produk hukum yang bukan hanya sekadar hukum formal, tapi bisa mengamankan dan memperbaiki DKI secara tata ruang hingga bertahun-tahun ke depan.

"Ini termasuk perda berat. Kan kita juga harus mempertimbangkan dua perda yang dulu pernah diserahkan ke kita, tapi ditarik lagi oleh eksekutif. Kita lihat itu ada kaitannya atau tidak dengan yang ini. Kita juga harus lihat realitanya di lapangan seperti apa tata ruang di Jakarta," jelasnya.

Pandemi covid-19 menurunya juga turut memengaruhi kecepatan DPRD dalam membahas perda. Sudah dua pekan ini, Gedung DPRD DKI Jakarta ditutup dari seluruh aktivitas karena adanya staf sekretariat DPRD yang terpapar covid-19.

"Kita sih berharapnya gedung DPRD bisa segera kita buka. Pandemi covid-19 ini memang sedikit banyak sudah menghambat, tapi ini kan di luar dugaan kita," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Ditargetkan ada 18 Hotel untuk Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

👤Hilda Julaika 🕔Senin 28 September 2020, 19:46 WIB
a menjelaskan, Ibis Style Mangga Dua difokuskan bagi pasien yang berasal dari wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta...
MI.Andri widiyanto

Ada 2 Hotel Untuk Isolasi Mandiri di DKI Jakarta, Ini Prosedurnya

👤Hilda Julaika 🕔Senin 28 September 2020, 19:22 WIB
Ke-2 hotel itu ialah Ibis Style Mangga Dua dan U Stay Mangga Besar. Biaya isolasi di 2 hotel itu ditanggung oleh pemerintah...
SUMARYANTO BRONTO

Ratusan Pendekar Banten Dukung Kinerja Erick

👤Wibowo Sangkala 🕔Senin 28 September 2020, 19:05 WIB
Dalam deklarasinya, pendekar Banten menolak cara-cara yang tidak konstitusional dan cenderung menyerang kehormatan seseorang pejabat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya