Kamis 06 Agustus 2020, 16:30 WIB

Proyek Jalan Kelok 18 di DIY Dilelang Tahun Ini

Ardi T Hardi | Nusantara
Proyek Jalan Kelok 18 di DIY Dilelang Tahun Ini

Antara
Jalan kelok 8 yang terkenal di Sumatera Barat, di DIY bakal dibangun kelok 18.

 

PEMBANGUNAN Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) khususnya bagian jalan kelok 18 yang melintas dari Parangtritis hingga Desa girijati Panggang Gunung Kidul sepanjang 5,8 kilometer tertunda sekitar 1 tahun karena pandemi Covid-19. Rencananya pembangunannya akan dilanjutkan pada 2021 dan proses lelang tahun ini.

Koordinator Tim Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) DIY Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Widarto Sutrisno menjelaskan, untuk pembebasan tanah sudah tidak ada masalah dan sudah dibebaskan semua. "Tinggal pelaksanaan pembangunan," ungkap Widarto.

Pembangunan JJLS kelok 18 diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 24 bulan, dua tahun anggaran. Dana yang dibutuhkan sekitar Rp25-30 Milyar per kilometer.

Lamanya proses pembangunan disebabkan jalan dibangun di perbukitan. "Dana yang dibutuhkan juga lebih banyak dbandingkan di dataran," kata dia.

Jalan Kelok 18 akan menghubungkan Kecamatan Kretek, Bantul hingga Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Gunungkidul. Lebar ruas jalan adalah 7 meter dengan panjang 5,8 kilometer. "Tahun ini rencananya akan dilelang," kata dia.

Selain pembangunan jalan kelok 18, pembangunan jembatan kretek 2 yang berada di Depok Parangtritis sepanjang 1,7 kilometer juga akan dilaksanakan tahun depan tahun 2021.

Ketua rombongan Komisi C, Gimmy Rusdin Sinaga berharap, akses jalan di sisi selatan ini segera tuntas karena akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi dan wisata di wilayah DIY bagian selatan.

Sekretaris Komisi C DPRD DIY, Suparja menambahkan, dengan pembangunan tersebut, kesenjangan sosial di wilayah Selatan dan Utara DIY pun bisa teratasi. "Daerah Selatan DIY dikenal sebagai daerah terisolisasi dan terpinggir dibandungkan daerah tengah dan Utara DIY," pungkas anggota DPRD
DIY dari Partai Nasdem saat meninjau langsung ke calon lokasi pembangunan JJLS di wilayah Kretek, Bantul, Rabu (5/8).  (OL-13)

Baca Juga

MI/Eva Pardiana

GGP Catatkan Laporan Bisnis Bekelanjutan Pertama di Lampung

👤Eva Pardiana 🕔Sabtu 26 September 2020, 21:55 WIB
PT Great Giant Pineapple (GGP) menjadi perusahaan pertama di Provinsi Lampung yang meluncurkan sustainability report (laporan...
Istimewa

Petani Tapin Faham Resi Gudang setelah Pelatihan PLEK

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 26 September 2020, 21:45 WIB
PELATIHAN Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) oleh IPDMIP membuka wawasan petani Kabupaten Tapin di Provinsi Kalimantan Selatan pada...
Medcom.id

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kaltim dan Istri Positif Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 September 2020, 21:39 WIB
Juru bicara Satuan Tugas covid-19 Provinsi Kalimantan Timur Andi Muhammad Ishak mengakui bahwa dirinya telah terkonfirmasi positif virus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya