Kamis 06 Agustus 2020, 16:14 WIB

Sederet Tes akan Dijalani Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Atalya Puspa | Humaniora
Sederet Tes akan Dijalani Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Antara
Simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020).

 

SEKITAR 800 orang telah mengajukan diri untuk menjadi relawan uji klinis vaksin covid-19. Hal itu disampaikan oleh Ketua tim riset Fakultas Kedokteran Unpad Kusnandi Rusmil.

"Daftar ke kami sampai sekarang jumlahnya ada 800-an. Pendaftaran ini dibuka selama 2 bulan. Puskesmas Garuda, Ciumbuleuit, Dago, dan Puter, serta Unpad juga sudah menyiapkan semua," kata Kusnadi dalam acara Kick Off Meeting dan Simulasi Uji Klinis Vaksin Covid-19, Bandung, Kamis (6/8).

Baca juga: Pentingnya Uji klinis di Zaman Now

Kusnadi membeberkan, nantinya para relawan akan melakukan serangkaian proses yang telah ditentukan oleh pihak peneliti. "Fase-fasenya adalah subjek penelitian akan 5 kali datang selama 6 bulan," ucapnya.

Pertama, relawan akan datang sebelum penyuntikan vaksin untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan uji swab. Selanjutnya, relawan akan kembali lagi setelah hasil swab keluar untuk berikutya dilakukan penyuntikan.

"Setelah disuntik pertama, 15 hari kemudian disuntik lagi yang kedua. Setelah kedua, kita ikuti 6 bulan selanjutnya," ucapnya.

Adapun, sepanjang waktu pengamatan, relawan akan diambil darah sebanyak tiga kali untuk dilakukan pemantauan.

"Nanti 50% dapat vaksin, 50% dapat plasebo secara random. Nanti dibandingkan bagaimana keamanannya, bagaimana hasil efektivitasnya," ucapnya.

Baca juga: KSAD: Uji Klinis TNI AD dan Unair Harapan Baru Pengobatan Korona

Seperti diketahui, Tim riset Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran bersama Bio Farma dan Sinovach Biotech, Tiongkok, sedang menyiapkan uji klinis vaksin covid-19. Vaksin asal Tiongkok ini rencananya akan disuntikkan kepada 1.620 relawan di Kota Bandung sesuai prosedur uji klinis vaksin. (Ata/A-3)

Baca Juga

Dok. Sekretariat Wakil Presiden

Wapres: Peran Pemuka Agama dalam Penanganan Pandemi Penting

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 29 September 2020, 01:24 WIB
"Saya menilai peran para ulama dan pemuka agama sangatlah penting, khususnya dalam upaya pencegahan penularan Covid-19,"...
Dok. STP Trisakti

Talent Festival Internasional Ajang Adu Bakat Siswa dan Mahasiswa

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 29 September 2020, 01:15 WIB
Adapun peserta Tiongkok berasal dari lima kota yaitu Guilin, Guangzhou, Wuxi, Yangzhou dan Nanchang. Sedangkan peserta Thailand berasal...
Antara/Arif Firmansyah

Paradigma Kependudukan Bantu Manfaatkan Bonus Demografi RI

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 00:03 WIB
Hasto menegaskan, kependudukan adalah faktor penentu keberhasilan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya