Kamis 06 Agustus 2020, 15:12 WIB

Sirene akan Ramaikan Ritual Pengibaran Bendera 17 Agustus

Andhika Prasetyo | Humaniora
Sirene akan Ramaikan Ritual Pengibaran Bendera 17 Agustus

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Suasana Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka

 

UPACARA peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia akan diramaikan dengan bunyi sirine. Tepatnya pada 17 Agustus 2020, pukul 10.17 WIB, sirene di seluruh Indonesia akan berbunyi. Di waktu yang bersamaan, di Halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, upacara pengibaran bendera akan dilaksanakan.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan penyalaan sirene dilakukan sebagai pengingat kepada masyarakat untuk menghentikan seluruh kegiatan yang sedang dikerjakan kemudian berdiri, mengambil sikap sempurna, sebagai penghormatan terhadap detik-detik proklamasi 75 tahun lalu.

"Kita bisa memanfaatkan mobil pemadam kebakaran, mobil dinas perhubungan, mobil dinas kebersihan, mobil patroli kepolisian, semua yang punya sirene kita siapkan di titik-titik strategis, di pasar, perempatan jalan," ujar Heru di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/8).

Baca juga: Upacara 17 Agustus di Istana Terbatas

Adapun, masyarakat yang berada di Indonesia bagian tengah dan timur, penghormatan dilakukan dengan menyesuaikan kegiatan di Istana Merdeka, Jakarta.

"Misalnya beda waktu dua jam, sepertu di timur, berarti 12.17 WIT mereka harus mengikuti itu. Begitu pun di luar negeri. Jika memungkinkan, perbedaan waktu hanya tiga sampai lima jam, mereka wajib mengikuti. Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri," jelasnya.

Kendati demikian, pelaksanaan penghormatan boleh tidak dilakukan oleh masyarakat yang sedang melakukan aktivitas yang bisa memicu bahaya jika dihentikan.

"Seperti ketika melaju di jalan tol atau di jalur cepat, tidak perlu melakukan ini karena membahayakan. Tapi bagi yang lain, mohon diusahakan untuk mengikuti acara ini," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/ Sifa Yulinnas

Solidaritas Dibutuhkan, Sudah 123 Dokter Meninggal Akibat Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Senin 28 September 2020, 11:25 WIB
Dokter menjadi garda terdepan dalam penanggulangan pandemi covid-19. Sudah saatnya semua pihak membantu tugas kemanusiaan dokter secara...
DOK/Biro Pers Setpres

Presiden Minta Rencana Vaksinasi Harus Matang

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 28 September 2020, 11:16 WIB
Segala hal yang terkait dengan pemberian suntikan vaksin harus disiapkan dengan detail sejak...
ANTARA/ Prasetyo Utomo

Indonesia akan Bangun Kantor Layanan Haji dan Umrah di Arab Saudi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 28 September 2020, 10:20 WIB
Sebagai tugas nasional, pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi dirasa perlu ada sekretariat bersama untuk memperlancar urusan haji di Tanah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya