Kamis 06 Agustus 2020, 15:05 WIB

Perpustakaan Warga di Semarang Raih Penghargaan Dunia

Abdillah Marzuqi | Weekend
Perpustakaan Warga di Semarang Raih Penghargaan Dunia

Dok. Architizer/ Microlibrary Warak Kayu
Perpustakaan warga Microlibrary Warak Kayu yang berlokasi di Semarang meraih penghargaan dari Architizer A+ Award 2020.

SATU lagi karya anak bangsa mendunia. Perpustakaan warga Microlibrary Warak Kayu memenangi Popular Choice Award dari Architizer A+ Awards 2020 untuk kategori perpustakaan. 

Desain mikro-perpustakaan di Semarang itu merupakan karya dua arsitek Daliana Suryawinata dan Florian Heinzelmann. Keduanya tercatat sebagai pendiri sekaligus direktur SHAU, sebuah biro arsitektur yang berbasis di Bandung, Rotterdam (Belanda), dan Passau (Jerman).

Kemenangan dari ajang yang digelar oleh Architizer.com, salah satu situs arsitektur terbesar dunia, diumumkan Selasa, (4/8). Kepada Media Indonesia, Daliana mengungkapkan jika pendiri Architizer yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Marc Kushner, menyampaikan berita kemenangan tersebut, lewat surel.

“Yang membuat kami bangga bukan kemenangannya, tapi dukungan masif dari teman-teman di Indonesia yang tidak dapat disebutkan namanya satu per satu dan jaringan diaspora di seluruh dunia yang telah memberikan suara (voting) untuk Microlibrary Warak Kayu. Maka ini adalah keberhasilan bersama milik Indonesia,” jelas Daliana dalam wawancara via surel.

Microlibrary Warak Kayu berdiri di Taman Kasmaran, Semarang, dengan desain seperti rumah panggung. Daliana menjelaskan konsep desain itu dipilih agar ruang bawah dari perpustakaan warga pertama yang menggunakan kayu di Semarang itu bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan multifungsi. 

Sementara desain fasad bangunan mengikuti bentuk wajik yang terinspirasi system konstruksi Zollinger dari Jerman. “Juga menyerupai sisik kulit Warak. Warak adalah hewan mitologi khas Semarang,” tambah Daliana.

Dengan konsep fasad berlapis itu pula menghasilkan fungsi filtrasi cahaya matahari sehingga panas tidak masuk ke dalam ruangan namun interiornya terang tanpa lampu di siang hari. “Penghawaan silang yang penting untuk mendinginkan interior bangunan tanpa AC, ada secondary layer untuk menghalangi hujan masuk,” jelasnya.

Soal dominasi elemen kayu, Daliana mengungkapkan jika desain itu menjadi contoh arsitektur tropis berkelanjutan yang menggunakan materi kayu bersertifikat SVLK (Sistem Verifikasi dan Legalitas Kayu) dan Forest Stewardship Council (FSC) yang memenuhi prinsip-prinsip hutan berkelanjutan.

Pendirian perpustakaan itu menghabiskan dana Rp1,2 miliar dari Arkatama Isvara Foundation, bersama PT Kayu Lapis Indonesia, hingga komunitas Harvey Center. Daliana pun mengungkapkan terima kasih kepada Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, yang terus-menerus mengunggah tentang perpustakaan itu di media sosial sehingga dikenal publik. 

Keikutsertaan di Achitizer A+ Award dijelaskan Daliana, berdasarkan undangan karena sebelumnya karya mereka pernah memenangi Architizer A+ award 2017. ”Kalaupun tidak diundang, peserta arsitek dapat mendaftarkan karyanya masing-masing melalui website Architizer. Setelah melalui proses seleksi ketat, kami terpilih menjadi 1 dari 5 finalis di kategori tersebut. Kemudian dibuka voting (pemungutan suara) selama 10 hari. Yang mendapat suara (vote) terbanyak akan memenangkan kategori tersebut dari segi popular choice (pilihan populer),” ungkapnya. (M-1)
 

Baca Juga

Unsplash/ Allef Vinicus

Studi: Senyum yang Terpaksa Pun Berdampak Positif di Otak

👤Galih Agus Saputra 🕔Sabtu 26 September 2020, 19:10 WIB
Bahkan senyum yang terpaksa dapat merangsang pusat emosi otak untuk menjaga emosi tetap...
Unsplash/ Tierra Mallorca

Tiga Hal yang Harus Dilakukan Bila Tak akan Miliki Dana Pensiun

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 26 September 2020, 17:35 WIB
Tempat tinggal, kebutuhan harian, dan jaminan kesehatan harus direncanakan sejak...
Dok. Instagram @maquinnofficial

Label Adibusana asal Surabaya ini Tampil Milan Fashion Week

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 26 September 2020, 16:45 WIB
Maquinn Couture yang berbasis di Surabaya ini akan menghadirkan karya akulturasi budaya Indonesia dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya