Kamis 06 Agustus 2020, 07:02 WIB

Polri akan Barter 2 Buron

Ykb/P-5 | Politik dan Hukum
Polri akan Barter 2 Buron

Medcom.id
Ilustrasi -- penangkapan pelaku

 

POLRI membenarkan penangkapan dua buron Indonesia di Amerika Serikat (AS). Kedua buron itu atas nama Indra Budiman alias IB dan Sangoe NG (SNN). Keduanya ditangkap di AS terkait pelanggaran imigrasi berupa overstay.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setyono, menyebut Indra Budiman diamankan sesuai Interpol red notice control No A5855/6 2018 yang diterbitkan tanggal 4 Juni 2018 atas permintaan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. IB diamankan karena kasus penipuan dan money laundering terkait penjualan condotel Swiss Bell di Kuta Bali pada September 2012-Agustus 2014.

“IB ditangkap US Marshall Service atau USMS di Highland San Bernardino, California,” tutur Awi, di Mabes Polri, Jakarta, kemarin.

Adapun, Sangoe, sesuai Interpol red notice control No A9729/9 2018 yang diterbitkan tanggal 17 September 2018 atas pengajuan dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dalam kasus korupsi pengajuan curve fiktif ke Bank Jatim yang terjadi pada 2011 sampai dengan 2012.

Awi menjelaskan Sangoe ditangkap di Texas pada 31 Oktober 2019 oleh tim gabungan ACI Dallas Texas.

Menurutnya, Atase Polri KBRI Washington DC telah melakukan komunikasi dan koordinasi intensif dengan pihak-pihak terkait di AS, terutama dengan US Marshall Service, yaitu salah satu lembaga tingkat federal di AS yang menangani permasalahan buron maupun pelaku kejahatan di AS maupun internasional.

“Hasilnya, kesepakatan langkah kerja sama pertukaran buron yakni US Marshall Service bersedia membantu memulangkan dua buron Indonesia dengan imbalan satu buron US MS atas nama Marcus Beam yang diduga berada di Indonesia,” ungkapnya.

Langkah kerja sama tersebut telah ditindaklanjuti dengan koordinasi antara Divhubinter Polri atase KBRI Polri Washington DC dan Polda Bali dalam menyelidiki keberadaan tersangka Interpol red notice control No A1830/2 2020 atas nama Marcus Beam dalam kasus penipuan investasi sebagaimana permintaan USMS. (Ykb/P-5)

Baca Juga

MI/ Adam Dwi

Komjak Soroti Kewenangan Penyelidikan dan Penyidikan RUU Kejaksaan

👤Ant 🕔Jumat 25 September 2020, 23:09 WIB
“Jadi sebenarnya tidak meniadakan fungsi penyidik, tetap penyidikan pidana umum ada di kepolisian. Ini berkaitan dengan...
Antara

Lelang Aset Koruptor, KPK Raup Rp1 Miliar

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 25 September 2020, 22:05 WIB
Barang lelang yang telah laku tersebut antara lain, mesin longway printing, roller die cut, wax machine, dan mesin press senilai...
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Ketaatan Prokes Harus Berlanjut Hingga Kampanye Usai

👤 Cahya Mulyana 🕔Jumat 25 September 2020, 21:56 WIB
Sinergisitas para pihak yang terlibat di pilkada harus selalu kuat dan solid. Terlebih durasi kampanye cukup panjang, yaitu selama 71...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya