Kamis 06 Agustus 2020, 06:56 WIB

Presiden Prancis Akan Kunjungi Beirut

Faustinus Nua | Internasional
Presiden Prancis Akan Kunjungi Beirut

JOSEPH EID / AFP
Pemilik rumah menyaksikan rumahnya hancur akibat ledakan hebat terjadi di Pelabuhan Beirut, Libanon, Kamis (6/8/2020).

 

PRANCIS telah mengirimkan tim penyelamat, peralatan medis dan perlemngkapan lainya melalui pesawat diterbangkan ke Beirut, ibu kota Libanon, Rabu (5/8). Rencananya setelah pengiriman bantuan, Presiden Prancis Emmanuel Macron akan berkunjung ke Beirut yang tengah porak poranda akibat ledakan dahsyat.

Dikutip France24, Istana Élysée mengumumkam bahwa Macron akan bertemu dengan mitranya Michel Aoun dan Perdana Menteri Hassan Diab. Kunjungan itu merupakan bagian dari dukungan moril Prancis kepada Libanon yang dilanda bencana. Selain itu, Libanon sendiri adalah mantan protektorat Prancis. Sehingga, kedua negara akan tetap mempertahankan hubungan politik dan ekonomi yang erat.

Di kesempatan lain, Perdana Menteri Prancis Jean Castex akan mengadakan pertemuan pada Rabu malam untuk mengatur bantuan lanjutan. Dia berjanji akan memobilisasi bantuan dari komunitas internasional untuk Libanon.

"Perancis bersama dan akan selalu bersama di sisi Libanon. Siap untuk memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan yang diungkapkan oleh pemerintah Libanon," katanya dalam tweet.

baca juga: Warga Panik Saat Ledakan Guncang Libanon

Sementara itu, bantuan kemanusian dari berbagai negara pun terus mengalir. Kuwait, Qatar dan sejumlah negara teluk telah mengirim bantuan medis dan kebutuhan lainnya. Hingga kini lebih dari 100 orang tewas dan ribuan orang luka-luka. Rumah sakit di kota itu kewalahan untuk menampung pasien yang terus berdatangan.(OL-3)


 

Baca Juga

AFP

Pertempuran di Nagorno-Karabakh Renggut Puluhan Jiwa

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 30 September 2020, 14:25 WIB
JUMLAH total warga sipil yang tewas telah meningkat menjadi 11 orang, yakni sembilan di Azerbaijan dan dua di Armenia, sehingga total...
AFP/Giannis Papanikos

Pekan Depan, Menlu AS Kunjungi Tiga Wilayah Asia

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 30 September 2020, 14:15 WIB
Kunjungan Kerja Mike Pompeo menyasar wilayah Jepang, Korea Selatan dan Mongolia. Dia diperkirakan fokus membahas berbagai isu terkait...
AFP/Oli SCARFF

Inggris Laporkan Kenaikan Harian Tertinggi Kasus Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 30 September 2020, 12:05 WIB
Menurut surat kabar The Guardian, wabah covid-19 telah dilaporkan setidaknya di 50 kampus di seluruh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya