Kamis 06 Agustus 2020, 02:35 WIB

Simpati dan Dukungan Mengalir ke Libanon

Faustinus Nua | Internasional
Simpati dan Dukungan Mengalir ke Libanon

AFP
Ledakan di Beirut, Libanon

 

LEDAKAN dahsyat di area Pelabuhan Beirut, Selasa (4/8), menimbulkan kerugian besar bagi Libanon yang baru saja pulih dari krisis ekonomi.

Sejumlah negara menyatakan keprihatinannya atas musibah yang menewaskan 100 orang dan melukai ribuan lainnya itu. “Perancis berdiri dan akan selalu berdiri di sisi Libanon. Negara kami siap memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan yang diungkapkan oleh pemerintah Libanon,” Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian mengatakan dalam tweet setelah insiden di Beirut yang menewaskan puluhan orang dan melukai ribuan lainnya.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan bantuan dan sumber daya Prancis sedang dikirim ke Libanon. Di Inggris, Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan negaranya siap untuk memberikan dukungan yang dapat membantu.

“Gambar dan video dari Beirut malam ini mengejutkan,” tulis Johnson di Twitter. “Semua pikiran dan doa saya bersama orangorang yang terperangkap dalam insiden mengerikan ini. Inggris siap memberikan dukungan dengan cara apa pun yang kami bisa, termasuk kepada warga negara Inggris yang terkena dampak.”


Tawarkan bantuan

Negara tetangga di kawasan itu, yaitu Turki, Arab Saudi, Iran, Israel, dan Qatar menawarkan bantuan kesejahteraan. Mereka siap membantu dalam segala hal.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengatakan mereka berpartisipasi dengan mempertimbangkan sebagian besar dari ledakan pelabuhan Beirut. Dukungan juga datang dari Emir Qatar, Syekh Tamim bin Hamad Al Thani, yang menelepon Presiden Michel Aoun untuk menyatakan belasungkawa. 

Negara Teluk mengatakan akan mengirim rumah sakit lapangan untuk mendukung respons medis Libanon. Syekh Tamim berharap pemulihan cepat bagi yang terluka. Menurut QNA, Tamim menyatakan solidaritas Qatar dengan persaudaraan Libanon dan kesediaannya untuk menyediakan semua jenis bantuan.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif mengatakan Teheran siap membantu dengan cara apa pun dan meminta Libanon untuk tetap kuat.

“Pikiran dan doa kami bersama orangorang hebat dan ulet Libanon. Seperti biasa, Iran siap untuk memberikan bantuan dengan cara apa pun yang diperlukan. Tetap kuat, Libanon,” tulis Zarif di Twitter.

Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi menyampaikan harapan terbaiknya setelah tragedi di Beirut. “Dengan banyak teman dan rekan Libanon saya malam ini dan dengan semua orang Libanon, dalam solidaritas, berharap mereka memperbarui kekuatan dan banyak keberani an,” kata kepala UNHCR Filippo Grandi dalam cuitan di Twitter Selasa (4/8).

Libanon, sebuah negara berpenduduk sekitar 4,5 juta orang, telah secara tidak proporsional terkena dampak perang di negara tetangga Suriah dengan masuknya sekitar 1,5 juta pengungsi.

“Pikiran dan hati saya bersama orangorang di Beirut, Libanon, yang kehilangan orang yang dicintai atau terluka dalam ledakan sore ini,” kata Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, Selasa (4/8), menyatakan dukungannya untuk sebuah negara yang sudah terhuyung-huyung dari negara itu. Pandemi virus korona di antara krisis lainnya. (France 24/AFP/Aljazeera/Hym/I-1)

Baca Juga

AFP

Madrid Berisiko Serius tanpa Aturan yang Lebih Ketat

👤MI 🕔Senin 28 September 2020, 00:35 WIB
PEMERINTAH Spanyol mendesak pihak berwenang di Madrid untuk memperketat aturanaturan pembatasan virus korona...
Dok. Istimewa

Indonesia Bantah Tuduhan Vanuatu di Dewan HAM PBB

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 28 September 2020, 00:10 WIB
INDONESIA menolak tegas pernyataan delegasi Vanuatu pada sesi pembahasan Dialog Interaktif (Interactive Dialogue) dengan Pelapor Khusus...
AFP/Evan Schneider

Modi Janjikan Vaksin di India untuk Seluruh Dunia

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 27 September 2020, 20:50 WIB
"Sebagai negara penghasil vaksin terbesar di dunia, saya ingin memberikan satu jaminan lagi kepada komunitas global saat ini,"...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya