Rabu 05 Agustus 2020, 23:55 WIB

Lawan Covid-19, Yayasan Del Donasikan Ventilator di Sumut dan DKI

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Lawan Covid-19, Yayasan Del Donasikan Ventilator di Sumut dan DKI

Dok. Yayasan Del
Penyerahan donasi ventilator dari Yayasan Del

 

KEBUTUHAN terhadpa alat bantu pernapasan atau ventilator untuk penanganan pasien Covid-19 di Indonesia cukup tinggi. Keberadaan ventilator sangat vital untuk menunjang pasien Covid-19 yang berada dalam kondisi perawatan intensif.

Melihat fakta tersebut, Yayasan Del yang berpusat di Jakarta dan memiliki unit afiliasi di  Laguboti, Toba, Sumatera Utara, mendonasikan 5 unit ventilator bagi 5 rumah sakit di Sumatera Utara dan Jakarta. Kelima RS tersebut ialah Rumah Sakit Umum Daerah Porsea, Rumah Sakit Umum HKBP Balige, Rumah Sakit Daerah Tarutung, Rumah Sakit PGI Cikini, dan Rumah Sakit UKI.

"Kami mengetahui ketersediaan ventilator sangat minim di Indonesia, dan tak semua rumah sakit menyediakannya, apalagi rumah sakit di daerah. Untuk wilayah Sumatera Utara, kami dibantu oleh perwakilan Yayasan Del disana untuk menyerahkan bantuan ventilator ke tiga rumah sakit daerah," kata Intan Simanjuntak, Pengurus Yayasan Del.

Selain ventilator, di Sumut, Yayasan Del juga mendonasikan 300 set alat pelindung diri ke RSUD Porsea dan RSU HKBP Balige, untuk membantu tenaga medis dalam penanganan pasien Covid-19.

Baca juga : 10 Perusahaan Dapat Bantuan Masker untuk Putus Rantai Covid-19

"Angka pasien positif yang terus menunjukkan kenaikan, membuat kebutuhan tenaga medis akan APD pastinya masih tinggi, karena dengan APD keselamatan tenaga-tenaga medis tetap terlindungi,” jelas Intan.

Sejak ditetapkannya Covid-19 sebagai bencana nasional yang kemudian berlanjut dengan Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah, Yayasan Del telah menyalurkan secara bertahap sebanyak lebih dari 2.000 paket sembako kepada warga yang membutuhkan, seperti pekerja lepas, supir ojek pangkalan, warga lanjut usia, maupun anak yatim yang tersebar di daerah pelosok sekitar Jabodetabek.

Selama masa pandemi sejak bulan April yang lalu, unit afiliasi dan para alumni dari institusi pendidikan di bawah naungan Yayasan Del, juga menyelenggarakan aksi penggalangan dana dan hasilnya disalurkan dalam bentuk bantuan sembako dan bantuan pendidikan bagi warga sekitar Kecamatan Laguboti di Kabupaten Toba, serta bantuan alat kesehatan kepada rumah sakit sekitar.

“Bantuan-bantuan yang disalurkan Yayasan Del, merupakan bentuk upaya kami untuk bersama-sama menuntaskan keresahan akibat wabah korona, yang kita harap dapat segera selesai. Para petugas medis yang sedang bertugas pun dapat seoptimal mungkin memberi bantuan medis bagi pasien, dengan perlindungan diri yang juga maksimal. Begitu pula, masyarakat yang selama ini terdampak secara finansial, dapat diringankan beban hidupnya,” ujar Paulina Pandjaitan, Sekretaris pengurus Yayasan Del. (RO/OL-7)

Baca Juga

BMKG

Bencana Longsor di Kalimantan Utara Dipicu Hujan Ekstrem 157 Mm

👤Zubaedah Hanum 🕔Senin 28 September 2020, 22:00 WIB
Hujan ekstrem tersebut berujung bencana dengan tewasnya belasan orang karena musibah tanah longsor di Tarakan, Kaltara dan merusakkan 19...
Dok BIN

BIN Pastikan Pakai Lab PCR Berstandar Tinggi

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 28 September 2020, 21:37 WIB
BIN menegaskan tingkat keakuratan tes usap ini telah memenuhi standar protokol...
Thinkstock

World Heart Day 2020: Perbaiki Kualitas Hidup Pasien Gagal Jantung

👤Eni Kartinah 🕔Senin 28 September 2020, 21:06 WIB
Dari sekitar 2.000 pasien gagal jantung, penyebab terbanyak di Indonesia adalah hipertensi, penyakit jantung koroner, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya