Rabu 05 Agustus 2020, 18:21 WIB

KBRI Beirut Pastikan Semua WNI di Libanon Aman dari Ledakan

Faustinus Nua | Internasional
KBRI Beirut Pastikan Semua WNI di Libanon Aman dari Ledakan

AFP
Foto udara terkait kondisi pascaledakan di Beirut, Libanon

 

KEDUTAAN Besar RI untuk Libanon memastikan semua WNI yang berada di negara itu aman dan selamat dari ledakan dahsyat yang mengguncang ibu kota Beirut pada Selasa (4/8).

"Berdasarkan pengecekan terakhir, seluruh WNI dalam keadaan aman dan selamat. Dalam catatan KBRI, terdapat 1.447 WNI, 1.234 di antaranya adalah Kontingen Garuda dan 213 merupakan WNI sipil termasuk keluarga KBRI dan mahasiswa," kata Dubes RI untuk Libanon Hajriyanto Y Thohari melalui keterangan resmi, Rabu (5/8).

Dia mengatakan KBRI telah menyampaikan imbauan melalui Whatsapp group dan melalui simpul-simpul WNI. Sejauh ini, WNI terpantau aman. KBRI juga telah mengimbau untuk segera melapor apabila berada dalam situasi tidak aman.

Selain itu, KBRI telah melakukan komunikasi dengan pihak kepolisian dan meminta laporan segera apabila ada update mengenai WNI dan sepakat akan segera menyampaikan informasi kepada KBRI.

"Satu orang WNI yang sedang di karantina di RS Rafiq Hariri, Beirut, yang tidak jauh dari lokasi ledakan sudah terkonfirmasi aman," imbuhnya.

Baca juga: Ledakan di Libanon Tak Berdampak bagi Harga Minyak Indonesia

Adapun, ledakan sangat dahsyat itu terjadi di Port of Beirut, Selasa (4/8) pukul 18.02 waktu setempat. Lokasi port berdekatan dengan Downtown Beirut. Tingkat kehancuran dan kerusakan properti terjadi dalam radius beberapa kilometer dari pusat ledakan.

Ledakan itu telah menyebabkan ratusan korban tewas dan ribuan korban luka-luka. Bangunan di sekitar lokasi titik ledakan pun hancur serta gelombang kejut dirasakan seluruh kota itu.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Warga Aceh Bebas Hukuman Mati di Malaysia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 25 September 2020, 22:05 WIB
Sebelumnya M. Yusuf telah dituduh tanpa dasar atas kepemilikan narkotika yang ditemukan di kapal yang dikemudikannya pada...
AFP/Dimitar DILKOFF

Sehari Naik 50 Persen, Pelaku Usaha Moskow Didesak Wali Kota

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 25 September 2020, 21:55 WIB
Pejabat melaporkan 7.212 infeksi baru, sehingga total kasus nasional menjadi...
AFP/ALAIN JOCARD

Polisi Tangkap Pelaku Penikaman di Paris

👤Widhoroso 🕔Jumat 25 September 2020, 18:57 WIB
Serangan terjadi saat pengadilan Prancis sedang menyidangkan 14 terdakwa kasus terorisme pada 2015. Saat itu, kantor mingguan Charlie Hebdo...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya