Rabu 05 Agustus 2020, 17:00 WIB

Rafael Nadal Positif Absen di AS Terbuka

Deden Muhamad Rojani | Olahraga
Rafael Nadal Positif Absen di AS Terbuka

AFP
JUARA bertahan Rafael Nadal mengumumkan tidak akan ikut AS Terbuka tahun ini.

JUARA bertahan Rafael Nadal mengumumkan tidak akan ikut AS Terbuka. Alasannya karena Amerika Serikat (AS) dinilai masih darurat pandemi virus korona (Covid-19).

Keputusan Nadal sekaligus menunda upayanya untuk menyamai rekor tenis putra Roger Federer untuk gelar Grand Slam.

"Situasinya sangat rumit di seluruh dunia, kasus Covid-19 meningkat,sepertinya kita masih tidak memiliki kendali atas itu," ungkap Nadal dilansir dari ESPN, Rabu (5/8).

Pemain Spanyol berusia 34 tahun ini mengatakan, dia tidak pernah memutuskan untuk ikut bermain dalam turnamen yang dijadwalkan akan dimulai 31 Agustus di New York, menurutnya dia "lebih suka tidak bepergian."

Sementara Petenis wanita nomor 1, Ash Barty, sudah mengumumkan akan absen di AS Terbuka. Pengumuman daftar entri USTA Selasa mencatat bahwa juara wanita 2019 Bianca Andreescu berada di lapangan setidaknya untuk saat ini, menurut USTA pemain dapat mundur sampai awal pertandingan, namun USTA tidak menyebutkan Nadal.

Tur tenis profesional telah absen sejak Maret karena wabah Covid-19, dengan permainan dilanjutkan untuk wanita pada Senin di Palermo, Italia. Acara tenis pria pertama pada tur utama dijadwalkan akhir bulan ini.

Pengumuman Nadal datang tak lama setelah Madrid Terbuka, yang dijadwalkan September, dibatalkan karena pandemi.

Dalam thriller final tenis pria tahun lalu di Flushing Meadows, Nadal menyisihkan Daniil Medvedev 7-5, 6-3, 5-7, 4-6, 6-4 dalam 4 jam, 50 menit. Itu memberi Nadal empat gelar di AS Terbuka dan total 19 di semua turnamen Grand Slam, hanya satu lagi dari tanda karir Federer.

Federer juga akan absen dari AS Terbuka, tetapi karena dua operasi di lutut kanannya tahun ini.

Turnamen Grand Slam terakhir yang diperebutkan tanpa Federer atau Nadal adalah AS Terbuka 1999, empat tahun sebelum Nadal melakukan debut di salah satu dari empat acara paling bergengsi di olahraga itu.

USTA telah memberikan indikasi berulang bahwa mereka berniat untuk maju dengan AS Terbuka, meskipun terjadi lonjakan kasus di seluruh Amerika Serikat, mereka mengatakan dalam rilis berita pekan lalu: "Negara Bagian New York terus menjadi salah satu tempat teraman di negara ini karena ini berhubungan dengan virus Covid-19”.

Meskipun area tersebut merupakan zona merah AS di awal pandemi, sehingga sebuah bangunan di situs AS Terbuka digunakan sebagai rumah sakit sementara.

Rumah sakit New York melihat lebih dari 18.000 pasien Covid-19 pada suatu waktu di pertengahan April ketika infeksi melonjak, dan lebih dari 750 pasien dengan penyakit ini meninggal setiap hari di rumah sakit dan panti jompo. Angka-angka itu anjlok pada bulan Mei, dan tingkat rawat inap dan kasus positif Covid-19 baru relatif stabil sejak Juni. Masih ada kekhawatiran tentang perjalanan, seperti dicatat Nadal.

USTA sedang merencanakan semacam pemimpin ganda di Pusat Tenis Nasional Billie Jean King. Western & Southern Open, turnamen lapangan keras yang biasanya dimainkan di Cincinnati, dipindahkan ke situs AS Terbuka tahun ini karena pandemi dan dijadwalkan akan dimainkan pada 20-28 Agustus. (OL-13)

Baca Juga

AFP

Arab Saudi Gelar Turnamen Golf Wanita Perdana

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 30 September 2020, 13:35 WIB
UNTUK pertama kalinya, Arab Saudi akan menjadi tuan rumah turnamen golf wanita bertaraf International dengan dua acara sekaligus pada...
AFP/Anne-Christine POUJOULAT

Bautista Agut Singkirkan Petenis Tuan Rumah di Prancis Terbuka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 30 September 2020, 12:56 WIB
Bautista Agut, yang merupakan unggulan kesepuluh, menjalani pertandingan putaran pertama melawan Gasquet di Court Simonne Mathieu dengan...
worldathletics.org

Positif Covid-19, Azimeraw Absen dari Maraton London

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 30 September 2020, 12:36 WIB
Direktur Maraton London Hugh Brasher mengatakan kegiatan ini akan dijalankan dengan penerapan protokol kesehatan yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya