Rabu 05 Agustus 2020, 08:18 WIB

Freeport Harap ESDM Setujui Perpanjangan Penyelesaian Smelter

Usman Kansong | Ekonomi
Freeport Harap ESDM Setujui Perpanjangan Penyelesaian Smelter

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas

 

PT Freeport Indonesia telah mengajukan permohonan perpanjangan penyelesaian smelter di Gresik, Jawa Timur, kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. 

"Kami berharap ESDM menyetujuinya," kata Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas dalam silaturahim virtual dengan pimpinan media di Jakarta, Selasa (4/8).

Freeport berkomitmen menyelesaikan pembangunan smelter di Gresik pada akhir 2023. Namun, pandemi covid-19 memaksa Freeport pada April lalu mengajukan perpanjangan penyelesaiannya.

"Pandemi Covid-19 menyebabkan Gresik menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Lokasi industri tempat smelter dibangun melakukan pembatasan-pembatasan. Para kontraktor pun negara mereka terdampak covid-19. Ini yang membuat kami mengajukan perpanjangan penyelesaian smelter," tutur Tony Wenas.

baca juga: Pecahkan Rekor, Harga Emas di AS Tembus Rp1 juta per Gram

Menurut Tony, Kementeian ESDM pada dasarnya bisa menerima permohonan Freeport itu. Namun ia menduga karena melibatkan kementerian lain-lain, misalnya Kementerian Koordinator Perekenomian, maka Kementerian ESDM belum memutuskan. 

"Tadi saya baru saja mendiskusikannya dengan kementerian ESDM," ungkap Tony.

PT Freeport Indonesia membangun smelter di Gresik dengan anggaran U$3 miliar. Pembangunan smelter tembaga, menurut Tony, sebetulnya ‘proyek rugi’ karena belum ada hilirisasi di dalam negeri.

"Tapi, kita berkomitmen menyelesaikan pembangunannya," pungkasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

Antara/Prasetya Utomo

OJK Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-2020 Membaik

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 27 September 2020, 21:49 WIB
Meskipun sulit untuk mencapai angka positif, setidaknya menurut Wimboh, pertumbuhan ekonomi akan lebih baik dibandingkan kuartal...
ISTIMEWA

Dubes Singapura Bantu Petani Lembang Jajaki Peluang Ekspor Sayuran

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 September 2020, 21:16 WIB
Namun menurut Tomi, petani harus membuat kemasan yang menarik agar sayur mayur yang masuk singapura terlihat menarik atau eye...
Antara

Tender Proyek Kilang TPPI Tuban Potensi Rugikan Negara

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 September 2020, 20:55 WIB
DIREKTUR Eksekutif CERI, Yusri Usman mengungkapkan adanya dugaan pelanggaran prinsip good corporate governance (GCG) panitia tender...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya