Rabu 05 Agustus 2020, 07:02 WIB

Polisi Wajib Periksa Anji dan Hadi

Tri/J-1 | Megapolitan
Polisi Wajib Periksa Anji dan Hadi

Medcom.id/Cecylia Rura
Anji Manji

 

PELAPORAN terhadap musikus sekaligus youtuber Erdian Aji Prihartanto atau yang akrab disapa Anji serta Hadi Pranoto dinilai penting oleh pengamat hukum pidana dari Universitas Al Azhar Indonesia Suparji Ahmad. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk menjadi pelajaran bagi para pemengaruh (infl uencer) dalam membuat konten yang bermanfaat.

“Proses hukum itu diperlukan, terlepas ada unsur pidananya atau tidak. Siapa pun termasuk para artis supaya hati-hati. Jangan kemudian membuat konten yang tidak ada faedahnya, yang kontraproduktif, yang sekadar sensasi saja,” kata Suparji di Jakarta, kemarin.

“Kalau dia buat konten seperti itu, terus masyarakat juga resah, kemudian dibiarkan begitu saja, itu akan terulang di masa mendatang,” sambungnya.

Sebelumnya, Anji mengunggah video di kanal Youtube miliknya, Duniamanji, dengan judul BISA KEMBALI NORMAL? OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN !! (Part 1). Video itu berisi wawancara Anji dengan Hadi yang mengklaim telah menemukan obat berupa antibodi covid-19. Video tersebut lantas menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

Buntutnya, pada Senin (3/8), Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid melaporkan Anji dan Hadi terkait dengan video itu ke Polda Metro Jaya.

Anji dan Hadi diduga telah menyebarkan berita bohong. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan mereka akan memanggil Anji dan Hadi untuk dimintai klarifikasi. Selain itu, polisi juga akan memanggil saksi ahli yang memahami permasalahan tersebut.

“Kita klarifikasi dulu pelapor dan saksi-saksi. Nanti kita klarifikasi dengan membawa bukti yang ada. Kemudian, setelah itu juga ada beberapa saksi ahli termasuk nantinya kita panggil Hadi Pranoto sama mencari pemilik akun dari pada Duniamanji,” terang Yusri.

Terpisah, Hadi menyebut dirinya akan mengikuti proses hukum yang ada terkait dengan pelaporan Muannas. Menurutnya, pernyataan saat wawancara dengan Anji untuk kepentingan bangsa.

Namun, Hadi juga siap untuk membuat laporan balik apabila berimbas mematikan karier dan mencemarkan nama baiknya. “Kalau Itu membuat mematikan karakter saya dan kapabilitas saya, kemudian memberikan pencemaran nama baik terhadap saya, saya akan lapor
balik,” tandasnya. (Tri/J-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

36 Kecamatan di Kabupaten Bogor Berstatus Zona Merah Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 23:50 WIB
"Zona merah sebanyak 36 kecamatan, zona oranye tiga kecamatan, dan zona hijau satu...
Ilustrasi

Telusuri Korban Pelecehan Lain di Bandara Soetta, Polisi Cek CCTV

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 29 September 2020, 20:54 WIB
EFY menyusun rencana untuk menipu penumpang berinisial; LHI dengan menyatakan hasil tesnya reaktif dan meminta sejumlah uang untuk...
MI/Andri W

Pemprov DKI Tutup 113 Perusahaan Selama PSBB Jilid 2

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 29 September 2020, 20:15 WIB
PEMPROV DKI Jakarta telah menutup sebanyak 113 perusahaan atau perkantoran selama pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya