Selasa 04 Agustus 2020, 06:00 WIB

Indonesia Ekspor 33 Garbarata ke Thailand

(Hld/E-3) | Ekonomi
Indonesia Ekspor 33 Garbarata ke Thailand

MI/PALCE AMALO
ilustrasi Seorang petugas melintas di dekat garbarata

 

MENTERI Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendampingi PT Bukaka Teknik Utama Tbk untuk melepas ekspor 33 garbarata ke Thailand. Menurut Agus, ekspor produk garbarata itu membuktikan aktivitas industri di dalam negeri masih bergairah di tengah tekanan dampak pandemi covid-19.

“Bukaka telah memproduksi 904 unit garbarata, dan pelepasan ekspor kali ini merupakan bagian dari kontrak 33 unit garbarata dengan M-Solutions Co, Ltd-Airport of Thailand yang telah dilakukan pada 2019,” papar Agus melalui keterangan resmi, kemarin.

Kemenperin, sambungnya, akan terus mendukung Bukaka dan seluruh industri dalam negeri untuk semakin maju berkembang sehingga lebih berdaya saing di tingkat regional dan global. Sebagai informasi, Bukaka merupakan per usahaan konstruksi yang menghasilkan garbarata, jembatan, dan infrastruktur lain penunjang pertambangan.

“Bukaka telah berdiri sejak tahun 1978 dan terus berkontribusi nyata dalam pembangunan industri dan pembangunan ekonomi nasional,” ungkap Agus.

Selain itu, Bukaka dinilai terus melakukan pengembangan dan perbaikan sehingga mampu berkontribusi di banyak sektor seperti otomotif, alat dan mesin pertanian (alsintan), energi, ketenagalistrikan, konstruksi, serta infrastruktur.

Adapun garbarata merupakan salah satu produk unggulan ekspor Bukaka dengan tujuan utama antara lain Jepang, India, dan Thailand. Bukaka menjadi satu-satunya produsen garbarata yang ada di Indonesia dan termasuk lima produsen terbesar garbarata di dunia.

Saat ini, seluruh boarding bridge bandara yang berada di bawah supervisi PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II merupakan hasil produksi Bukaka.

Agus juga menegaskan, pemerintah telah menggulirkan upaya-upaya perlindungan sektor industri dalam negeri. Insentif baru yang diusulkan Kemenperin seperti fasilitas keringanan biaya listrik telah disetujui. (Hld/E-3)

Baca Juga

Dok.BNI Syariah

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Rp400 Miliar untuk Medco Power

👤Raja Suhud 🕔Minggu 27 September 2020, 14:05 WIB
Saat ini  Medco Power sedang membangun proyek energi terbarukan salah satunya PLTP Ijen berkapasitas 110 MW yang akan beroperasi penuh...
Istimewa

Kemenperin Pastikan Teknologi Pengolahan Limbah Diterapkan

👤Haryanto 🕔Minggu 27 September 2020, 14:00 WIB
PERTUMBUHAN kawasan industri di Jawa Tengah menimbulkan konsekuensi pencemaran. Untuk itu, Kementerian Perindustrian memastikan limbah...
Istimewa

PT Ceria Raih Predikat Perusahaan Berkelas Dunia

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 September 2020, 13:15 WIB
PT Ceria Nugraha Indotama (CNI), perusahaan Pertambangan Nikel Terintegrasi Pengolahan dan Pemurnian meraih predikat sebagai perusahaan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya