Selasa 04 Agustus 2020, 08:57 WIB

GLZoo Dibuka Kembali Banyak Wisatawan Ditolak Masuk

Agus Utantoro | Nusantara
GLZoo Dibuka Kembali  Banyak Wisatawan Ditolak Masuk

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Pengunjung berada di tempat wisata Gembira Loka (GL) Zoo, Yogyakarta, Senin (3/8/2020).

 

SETELAH ditutup untuk kunjungan wisatawan selama hampir 4,5 bulan, hari Senin (3/8), Kebun Binatang Gembira Loka (GLZoo) Yogyakarta dibuka kembali. Awal beroperasi kembali, kebun binatang di Yogyakarta itu langsung menerapkan protokol kesehatan dengan persyaratan ketat sehingga banyak pengunjung tidak bisa masuk.

Direktur Utama GLZoo, KMT A.Tirtodiprojo mengakui  banyak wisatawan yang datang ke GL Zoo terpaksa ditolak masuk karena tidak memenuhi persyaratan protokoler kesehatan yang ditentukan. Kebanyakan pengunjung yang tidak lolos masuk itu rombongan kecil atau keluarga dari luar kota yang datang dengan mobil pribadi. 

"Mereka membawa balita atau mengajak keluarganya yang sudah lansia. Syarat masuk pengunjung yang dari luar kota memang harus tinggal di Yogya dulu selama dua minggu," jelas Tirtodiprojo yang akrab disapa Joko, Senin (3/8).

Pada awal beroperasi kembali hingga pukul 12.00 WIB.  

"Hampir separo jumlah pengunjung yang tiba di parkiran kebun binatang itu dengan menumpang mobil pribadi terpaksa ditolak masuk," katanya.

Dirut GLZoo ini mengungkapkan, sampai tengah hari pengunjung yang lolos masuk baru 86 orang, sedangkan mobil masuk di pelataran kebun binatang itu yang terpaksa putar balik tercatat 26 unit. Untuk kendaraan roda dua yang harus balik arah karena tidak memenuhi protokol kesehatan yang ditentukan ada 6 unit. Menurut Joko kebanyakan pengunjung yang ditolak masuk itu rombongan keluarga dengan mobil plat luar kota, seperti Jakarta, Bogor, Madiun, Semarang, Magelang, Klaten, Kudus dan wilayah Jateng lainnya. 

"Tadi ada Konsulat Jenderal dari Jakarta terpaksa kami tolak masuk ke GL Zoo. Ini demi menjaga protokoler kesehatan," tutur Joko.

baca juga: PLN Berdayakan Warga di Objek Wisata

Awal dibuka pada minggu pertama, jumlah pengunjung masih dibatasi 300 orang per hari. Kemudian nanti minggu kedua naik menjdi 500 orang. 

"Maksimal pada puncak kunjungan tidak lebih 2500 orang perhari. Supaya tidak terjadi kemunculan klaster baru Covid-19 yang tidak kita harapkan," jelas Dirut GLZoo.

Kebun binatang di Yogya ini buka mulai jam 9 pagi dan tutup pukul 3 sore. Untuk sementara pintu masuk yang dibuka di pintu barat atau melalui Jalan Veteran. (OL-3)
 

Baca Juga

Dok.BNPB

Banjir Bandang Terjang Sukabumi, Satu Rumah dan Mobil Hanyut

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 21 September 2020, 21:20 WIB
Banjir bandang dipicu oleh curah hujan dengan intensitas tinggi sehingga debit air sungai Cipeuncit...
Istimewa

Legislator Ingatkan Kartu Tani Harus Tepat Sasaran

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 21 September 2020, 19:45 WIB
UNTUK melindungi petani, maka yang berhak mendapatkan pupuk subsidi diatur dalam kriteria berdasarkan Permentan...
ANTARA/Anis Efizudin

Meski Luas, Petani Pesisir Selatan Enggan Bertanam Bawang

👤Yose Hendra 🕔Senin 21 September 2020, 19:17 WIB
Bahkan untuk kebutuhan konsumsi masih harus dipasok dari luar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya