Selasa 04 Agustus 2020, 08:51 WIB

WHO Tegaskan tidak Ada Jalan Pintas Akhiri Pandemi

Faustinus Nua | Internasional
WHO Tegaskan tidak Ada Jalan Pintas Akhiri Pandemi

AFP/Christophe Ena
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (tengah)

 

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO), Senin (3/8), memperingatkan mungkin tidak akan pernah ada "silver bullet" atau solusi cepat untuk mengakhiri pandemi covid-19. Meski berbagai negara berlomba menemukan vaksin, WHO mengatakan mungkin dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukan vaksin yang efektif.

"Kita semua berharap memiliki sejumlah vaksin efektif yang dapat membantu mencegah orang dari infeksi. Namun, tidak ada silver bullet saat ini dan mungkin tidak pernah ada," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dilansir AFP.

Badan PBB itu pun mendesak pemerintah dan warga negara dunia untuk fokus melakukan dasar-dasar pencegahan, seperti pengujian, pelacakan kontak, menjaga jarak fisik dan mengenakan masker.

Baca juga: WHO Sebut Dua Ahlinya Telah Selesaikan Misi di Tiongkok

Hal itu penting saat ini untuk menekan pandemi yang telah mengubah kehidupan normal di seluruh dunia dan memicu krisis ekonomi yang cukup parah.

"Untuk saat ini, menghentikan wabah dengan dasar-dasar kesehatan masyarakat dan pengendalian penyakit. Lakukan itu semua," desaknya.

Covid-19 telah menewaskan hampir 690.000 orang dan menginfeksi setidaknya 18,1 juta sejak wabah itu muncul di Wuhan, Tiongkok, Desember lalu.

Negara seperti Amerika Serikat (AS), Tiongkok dan Inggris telah melakukan investasi besar-besaran pada pengembangan vaksin covid-19. Sementara, pembatasan aktivitas masyarakat dan bisnis pun kembali diperketat berbagai negara setelah munculnya gelombang baru virus mematikan tersebut. (OL-1)

Baca Juga

AFP/MICHAEL DANTAS

Kasus Covid-19 Amerika Latin Lampaui Sembilan Juta

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 27 September 2020, 09:11 WIB
Lebih dari enam bulan sejak kasus virus korona pertama terdeteksi di Amerika Latin, tercatat sudah lebih dari 9 juta kasus dan 330.000...
AFP/Fabrice COFFRINI

Google Blokir Iklan Pemilu AS Setelah Pemungutan Suara Ditutup

👤Antara 🕔Minggu 27 September 2020, 08:39 WIB
Google akan melarang iklan pemilu, termasuk yang menyebutkan pejabat negara bagian atau federal, kandidat atau partai politik, serta iklan...
AFP/Mark RALSTON

Uji Klinis Vaksin AS Tunjukkan Respons Kekebalan Kuat Lawan Korona

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 27 September 2020, 08:01 WIB
Perusahaan farmasi AS Johnson and Johnson mengklaim hasil uji klinis vaksin covid-19 menunjukkan respons kekebalan kuat melawan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya