Selasa 04 Agustus 2020, 06:58 WIB

Batuk, Pesepak Bola di Inggris Bisa Dikartu Merah

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Batuk, Pesepak Bola di Inggris Bisa Dikartu Merah

AFP/Catherine Ivill
Ilustrasi--Wasit memberikan kartu merah kepada penyerang Crystal Palace Christian Benteke.

 

OTORITAS sepak bola Inggris (FA) mengeluarkan aturan baru yang bisa membuat pemain diganjar kartu kuning atau bahkan kartu merah jika sengaja batuk di hadapan wajah lawan atau wasit.

Aturan itu jadi bagian regulasi anyar yang dikeluarkan FA untuk pertandingan sepak bola di tengah pandemi covid-19 yang segera berlaku di semua kompetisi di Inggris.

Wasit diperbolehkan memberi hukuman tersebut apabila 'yakin seseorang secara sengaja dan dari jarak dekat batuk ke wajah lawannya ataupun seorang ofisial pertandingan.'

Baca juga: Pemilik Mengaku Bangga dengan Prestasi Liverpool

Dokumen regulasi anyar FA tersebut menyatakan pelanggaran itu tergolong dalam kategori penggunaan gestur dan/atau bahasa yang ofensif, menghina, maupun bersifat pelecehan.

"Jika insiden itu tidak terlalu parah untuk diganjar kartu merah, peringatan bisa dikeluarkan wasit sebagai bagian dari perilaku tidak sportif ataupun penghinaan terhadap pertandingan," demikian dokumen yang sama menyatakan.

Kendati demikian regulasi tersebut menekankan bahwa wasit harus bisa membedakan batuk yang wajar sembari terus mengingatkan agar pemain tidak meludah di lapangan, pun hal itu tidak dianggap sebagai tindakan melanggar. (Ant/OL-1)

Baca Juga

SENO

Menunggu Dentuman Keras Arsenal

👤Dewan Redaksi Media Group Suryopratomo 🕔Sabtu 26 September 2020, 04:25 WIB
Senin malam atau Selasa dini hari nanti menjadi waktu pembuktian kebangkitan kembali the Gunners. Mereka akan bertandang ke Anfield untuk...
ANTARA

Stadion Manahan Solo Mulai Ditata

👤MI 🕔Sabtu 26 September 2020, 03:25 WIB
PEMERINTAH Kota (Pemkot) Surakarta mulai menata kawasan Stadion Manahan yang merupakan salah satu arena untuk Piala Dunia U-20...
AFP

Kesempatan untuk Perbaiki Performa

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 26 September 2020, 02:10 WIB
DALAM laga lanjutan Liga Primer Inggris di pekan ketiga, kesebelasan Manchester United akan bertandang ke Amex...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya