Selasa 04 Agustus 2020, 05:18 WIB

Mendes PDTT Apresiasi Pamekasan Berkembang Pesat

RO/S3-25 | Politik dan Hukum
Mendes PDTT Apresiasi Pamekasan Berkembang Pesat

DOK PEMKAB PAMEKASAN
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar tinjau produk unggulan pedesaan

 

MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengingatkan kepala desa harus mengedepankan warganya agar terhindar dari kemiskinan dan kelaparan. Hal tersebut penting agar tujuan pembangunan desa berkelanjutan
bisa tercapai dan warga desa bisa maju dan sejahtera.

Demikian disampaikan Abdul Halim Iskandar saat bersilaturahmi dengan kepala desa se-kabupaten Pamekasan, di Lapangan Desa Pegantenan, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (1/8/2020). Gus Menteri, sapaan akrabnya,
menyampaikan kepala desa mesti bisa menjelaskan kepada masyarakat mengenai tujuan pembangunan desa yang perlu dicapai tersebut.

Pertama, soal desa tanpa kemiskinan, artinya desa-desa yang dipimpin harus tidak boleh ada kemiskinan. Jika masih ada, harus dicari solusi yang terbaik agar angka kemiskinan di desa tersebut berkurang hingga tidak ada.

“Yang kedua ialah desa tanpa kelaparan. Ini penting, jangan sampai ada warga desa yang tidak bisa makan atau hanya makan sehari sekali. Harus diupayakan semaksimal mungkin agar bisa makan tiga kali dalam sehari,” jelas Abdul Halim Iskandar.

Selanjutnya, ialah pendidikan berkualitas dan warga desa sehat dengan program-program pembangunan desa yang jelas. Hal ini penting untuk menentukan keberhasilan pembangunan di desa tersebut.

Karena itulah, ia mengapresiasi kabupaten Pamekasan yang mengalami perkembangan cukup pesat. Ini dibuktikan dengan kenaikan peringkat Pamekasan dari sektor pembangunan, yakni dari peringkat ke-31 kini naik menjadi peringkat ke-30 se-Jawa Timur.

“Kalau untuk se-Madura, Pamekasan ini terbaik di antara tiga kabupaten lainnya. Jadi di bawahnya itu masih ada Kabupaten Bangkalan, Sampang dan Sumenep. Di bawahnya lagi, juga ada kabupaten Probolinggo,” sambungnya.

Menurut Abdul Halim Iskandar, kenaikan peringkat itu bisa dicapai bukanlah hal yang mudah untuk mendongkrak Pamekasan agar lebih maju. Percepatan pembangunan di Pamekasan juga bukan semata-mata karena bupatinya, melainkan juga karena dukungan kepala desa dan lurah se-Kabupaten Pamekasan.

“Keberhasilan ini bukan hanya karena Bupati, melainkan karena kinerja para kepala desa dan lurah di Pamekasan. Terima kasih atas kinerja yang luar biasa,” kata Abdul Halim Iskandar.

Ditingkatkan lagi

Mendes PDTT ini juga menilai pencapaian percepatan pembangunan yang sudah diraih oleh Pamekasan itu sangatlah luar biasa. Namun, prestasi tersebut perlu ditingkatkan lagi agar bisa bersaing dengan kabupaten maju yang lain di seluruh Indonesia.

“Saya ucapkan terima kasih kepada kepala desa dan lurah se-Pamekasan yang sangat luar biasa membantu percepatan pembangunan ini. Sukses terus untuk Pamekasan,” doanya.

Sementara itu, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengaku senang atas kedatangan tamu terhormat Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar ke Pamekasan. Begitu pula, kata dia, para kepala desa dan lurah sangat senang dengan kehadiran Gus Menteri.

Ia mendoakan agar Abdul Halim Iskandar sehat dan bisa terus berjuang memberikan yang terbaik untuk Indonesia melalui pembangunan desa, demi tercapainya desa makmur, desa mandiri, dan Indonesia Jaya.

“Terima kasih kepada Gus Menteri yang sudah datang ke Pamekasan. Acara ini memang sengaja di-setting berkonsep nuansa desa,” ucap Baddrut Tamam.

Pada silaturahmi Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar kali ini digelar dengan nuansa berbeda. Acara silaturahmi digelar dengan konsep bazar hasil produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari setiap desa di kabupaten Pamekasan yang dipamerkan di bawah gubuk jerami.

Acara itu juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda, perwakilan DPRD Jawa Timur, dan sejumlah pejabat pemerintahan dari kabupaten lain. Sejumlah penampilan kesenian khas Pamekasan, mulai dari tari dan musik daul, pun disajikan untuk menghibur tamu undangan dan masyarakat. (RO/S3-25)

Baca Juga

Ilustrasi

KPK Khawatir PK jadi Jurus Baru Koruptor Lepas dari Jerat Hukum

👤Kautsar Bobi 🕔Rabu 30 September 2020, 15:42 WIB
"Jangan sampai dijadikan modus baru para napi koruptor dalam upaya mengurangi hukumannya," ujar Pelaksana tugas (Plt) juru bicara...
Antara

Presiden: Pelaku Usaha Mikro Harus Bertahan

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 30 September 2020, 14:43 WIB
Presiden Joko Widodo meminta seluruh pelaku usaha kecil dan mikro untuk terus bertahan di tengah pandemi. Meskipun omzet harian yang...
MI/RAMDANI

Isu PSI, Mainan Politik Kelompok yang tak Kreatif

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Rabu 30 September 2020, 14:14 WIB
Menurut Nabil, isu PKI biasanya menyerang partai yang memiliki akar kuat di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya