Senin 03 Agustus 2020, 23:43 WIB

Hanya Delapan dari 147 Desa di Sikka Tergolong Maju

Gabriel Langga | Nusantara
Hanya Delapan dari 147 Desa di Sikka Tergolong Maju

MI/Gabriel Langga
Ilustrasi : Kabupaten Sikka

 

BERDASARKAN Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2020, dari 147 Desa di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur hanya 8 desa tergolong maju dan tidak ada desa yang masuk kategori mandiri.

Koordinator Kabupaten Bidang Pembangunan Partisipatif P3MD Kabupaten Sikka, Herta Arjunto kepada Media Indonesia, Senin (3/8) mengatakan berdasarkan hasil penilaian IDM Kementerian Desa-PDT tahun 2020, hanya 8 desa di Sikka yang tergolong maju yakni Desa Paga, Mbengu, Lela, Nita, Pemana, Talibura, Geliting dan Watumilok.

"Total desa di Sikka itu terdapat 147 desa. Hanya 8 desa yang tergolong maju. Sampai saat ini juga di Sikka belum ada desa yang tergolong mandiri," papar Herta

Herta mengatakan terdapat 74 desa di Sikka yang tergolong tertinggal. Sementara itu, masih ada 20 desa yang tergolong sangat tertinggal dan 45 desa yang tergolong desa berkembang.

Dikatakan Herta banyak desa sangat tertinggal ini karena belum memiliki akses infrastruktur seperti belum adanya akses jalan, listrik dan signal. Permasalahan lain, ada anak-anak di desa yang tidak bersekolah juga warga di desa yang melahirkan di rumah karena tidak ada akses kesehatan.

"Masih ada sejumlah indikator yang harus dipenuhi untuk agar bisa dikategorikan desa maju dan mandiri. Ini yang menjadi pekerjaan rumah bagi desa-desa yang masih tertinggal dan sangat tertinggal," papar dia

Herta menyarankan perencanaan desa untuk tahun 2021 harus berdasarkan data IDM, Tipologi dan potensi sehingga dalam menyusun perencanaan desa itu berdasarkan kebutuhan bukan berdasarkan keinginan.

"Kalau desa ingin buat rencana pembangunan desanya harus lihat tiga indikator ini yakni IDM, tipologi dan potensi sehingga intervensi anggaran sesuai dengan sasaran," pungkas dia. (OL-12)

Baca Juga

Ilustrasi

Probolinggo Kembali Masuk Zona Merah

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 25 September 2020, 22:16 WIB
Tambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 pada 25 September 2020 tercatat sebanyak...
Ist

Badan Otorita Labuan Bajo Gelar Pelatihan dan Dorong Kuliner Lokal

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 25 September 2020, 22:02 WIB
Pelatihan diselenggarakan untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dalam memperkuat produk dan brand kuliner lokal sebagai bagian yang...
Medcom

Pemkab Banyumas akan Atur Kegiatan di Ponpes

👤Lilik Darmawan 🕔Jumat 25 September 2020, 21:55 WIB
Pemkab Banyumas saat ini tengah membuat surat untuk mengatur kegiatan di ponpes setelah melonjaknya kasus Covid-19 di sejumlah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya