Senin 03 Agustus 2020, 21:54 WIB

Ini 5 Kelompok Rentan Terpapar Covid-19, Lansia Paling Rentan

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Ini 5 Kelompok Rentan Terpapar Covid-19, Lansia Paling Rentan

Antara/Sigid Kurniawa
Penanganan pasien Covid-19 di RSPI Sulianti Saroso

 

TIM Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan ada lima kelompok rentan terpapar Covid-19. Salah satunya lanjut usia.

"Jadi kalau kita melihat dari literatur Internasional ada beberapa kelompok rentan ini, ada beberapa macam yang pertama adalah kalau dari segi usia kita bisa melihat bahwa mereka yang mengalami atau terinfeksi covid yang berusia lebih dari 60 tahun ke atas ini memiliki angka fatalitas tertinggi," kata Dewi di Media Center Satgas Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Senin (3/8).

Kelompok kedua, lanjut Dewi, adalah mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah, contohnya penderita HIV?AIDS dan penyakit autoimun lainnya.

"Ketiga adalah mereka yang memiliki kondisi penyerta atau kondisi ada penyakit yang sudah dimiliki misalnya ada gangguan ginjal, gangguan nafas gangguan jantung, yang memang sudah dimiliki," sebutnya.

Keempat adalah memiliki kelebihan berat badan serius di atas berat badan ideal (BMI).

"Mereka yang memiliki kelebihan berat badan yang cukup tinggi, BMI atau berat badan idealnya lebih dari 40," papar Dewi.

Terakhir adalah kelompok Ibu hamil. Dimana kelompok-kelompok ini dapat diartikan bahwa siapa pun bisa terpapar Covid-19.

Baca juga : Pakar Epidemiologi: Zona Merah Covid-19 Meningkat

"Ini bisa saja, siapa pun, termasuk ayah ibu kita, paman bibi kita, kakek nenek kita, yang mungkin memiliki kondisi penyerta atau usianya sudah lebih lanjut usia," lanjutnya.

Di sisi lain, kata Dewi, kelompok yang paling banyak menularkan Covid-19 justru ada pada kelompok usia produktif.

"Ini yang harus hati-hati dan kita perhatikan. Kadang kita suka lupa yang rasakan sehat-sehat aja nggak ada masalah tapi ternyata kita bisa mengundang bencana orang lain, untuk orang-orang yang kita sayang atau mungkin untuk keluarga kita," lanjut Dewi.

Dewi mengungkapkan, di Indonesia, angka kematian tertinggi pasien Covid-19 terjadi pada usia di atas 60 tahun atau lanjut usia. Dari data tercatat ada 16% pasien Covid-19 meninggal atau sebanyak 1.969 pasien berasal dari kelompok lanjut usia. Mayorittas korban meninggal di kelompok usia itu adalah laki-laki.

"Artinya apa ? jika ada 100 orang mereka terinfeksi covid dan usianya diatas 60 tahun, 16 orang diantara mereka ini meninggal. Ini yang paling tinggi memang usia ini yang memang sangat berisiko," terangnya.

Kelompok usia kedua yang paling banyak meninggal akibat Covid-19 ialah di rentang 46-59 tahun atau sekitar 7,64%. Dewi mengimbau setiap warga yang beraktivitas di luar rumah untuk terus menerapkan protokol kesehatan

"Kadang kita merasa kita sehat biasa aja kita jalan-jalan ke mana-mana, tapi ternyata ketika kita pulang kita ketemu ayah ibu kita, apa kita ketemu dengan kakek nenek kita yang kondisinya tidak sesuai hak kita yang masih muda," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

MI/RAMDANI

PUPR Minta Pengembang Perumahan Perhatikan Kebutuhan Disabilitas

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 30 September 2020, 09:04 WIB
Pemenuhan aksesibilitas untuk publik meliputi kemudahan akses memasuki bangunan gedung, penyediaan alat bantu informasi audio, visual,...
AFP/Daniel Leal-Olivas

Kendala Tracing akibat Stigma kepada Penderita Covid-19

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 30 September 2020, 08:51 WIB
Masyarakat harus terbuka terkait riwayat perjalanan dan interaksi yang...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Satgas Pastikan Rapid Test Antigen Bisa Digunakan di Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 30 September 2020, 08:27 WIB
Satgas Penanganan Covid-19 tengah mengkaji sasaran prioritas vaksin yang disesuaikan dengan kelompok risiko penularan virus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya