Senin 03 Agustus 2020, 03:48 WIB

Data Nakes Bisa Bantu Atasi Penularan

Aiw/Ifa/X-7 | Humaniora
Data Nakes Bisa Bantu Atasi Penularan

Medcom.id
Ilustrasi

 

INFEKSI covid-19 di kalangan tenaga medis di Indonesia sampai saat ini masih cukup tinggi, bahkan beberapa di antara mereka meninggal dunia.

Untuk itu, pemerintah perlu membangun data tenaga kesehatan (nakes) yang terinfeksi covid-19 sebagai upaya pencegahan agar tidak semakin banyak yang tertular ke depannya.

“Fokus kita ialah membenahi data-data nakes yang terpapar korona, seperti apa perawatannya, yang meninggal itu di daerah mana saja, kemudian dilengkapi dengan data-data terkait risiko dan sebab meninggalnya,” ujar pejabat humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Abdul Halik, saat dihubungi semalam.

Saat ini, lanjutnya, IDI telah membentuk tim pencegahan dan mitigasi yang bertujuan menyempurnakan perlindungan terhadap para nakes. Upaya itu tentu memerlukan dukungan dari pemerintah serta fasilitas kesehatan di setiap daerah untuk membangun data tersebut.

“Dari data itu dapat ditelusuri risiko, kerentanan, dan penyebab kematian sebagai rekomendasi kebijakan pencegahan ke depannya. Skema perlindungan para nakes nanti dibuat berdasarkan temuan tersebut,” tambahnya.

Secara terpisah, sejarawan Universitas Indonesia, Tri Wahyuning M Irsyam, menga- takan pandemi covid-19 yang sedang melanda Indonesia dan sebagian besar negara di dunia tak jauh berbeda dengan flu spanyol pada 1918.

“Pemerintah Hindia Belanda saat itu juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan, meliputi memakai masker, tinggal di rumah, dan menjaga kebersihan,” ujarnya dalam telekonferensi di Media Center Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Jakarta, Sabtu (1/8).

Sementara itu, update perkembangan kasus covid-19 di Tanah Air hingga kemarin menunjukkan pasien sembuh mencapai 68.975 orang. Angka tersebut meningkat sebanyak 1.056 orang dari hari sebelumnya.

Adapun pasien terkonfirmasi positif covid-19 bertambah 1.519 orang sehingga angkanya menjadi 111.455 orang. Pasien meninggal bertambah 43 orang sehingga total menjadi 5.236 orang. (Aiw/Ifa/X-7)

Baca Juga

Ilustrasi

Kemenkes Sudah Salurkan Rp2,3 Triliun untuk Insentif Nakes

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 25 September 2020, 21:39 WIB
Data Badan PPSDM Kesehatan, per tanggal 23 September 2020 total anggaran yang telah disalurkan untuk insentif tenaga kesehatan sebesar Rp...
ANTARA/Adiwinata Solihin

Pemulihan 14 Juta Hektare Lahan Kritis Butuh 60 Tahun

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 25 September 2020, 21:38 WIB
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memperkirakan upaya pemulihan 14 juta hektare lahan kritis di Indonesia membutuhkan waktu...
ANTARA/PUSPA PERWITASARI

Ibu Rumah Tangga Ujung Tombak Tekan Klaster Keluarga

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 25 September 2020, 19:15 WIB
Menteri PPPA mengajak keluarga-keluarga di Indonesia untuk bergotong-royong bersama memerangi pandemi covid-19 dan menekan penularan dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya