Minggu 02 Agustus 2020, 19:28 WIB

Langgar Protokol, WNA Rusia Penggelar Yoga Massal Dideportasi

Langgar Protokol, WNA Rusia Penggelar Yoga Massal Dideportasi

MI/BARRY FATHAHILLAH
Ilustrasi yoga

 

Dua warga negara asing (WNA) asal Rusia, bernama Albina Mukhamadullina, 36, dan Rodion Antonkin, 40, dideportasi ke negara asalnya karena menggelar yoga massal tanpa menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19.

"Jadi mereka melakukan penyalahgunaan izin tinggal (BVK) dengan mengadakan kegiatan meditasi massal berbayar di salah satu vila wilayah Ubud, Gianyar," kata Kepala Sub Bagian Humas dan Reformasi Kanwil Kemenkumham Bali, I Putu Surya Dharma saat dikonfirmasi di Denpasar, Minggu (2/8).

Ia mengatakan bahwa keduanya ditahan di Rudenim Denpasar, sejak 24 Juli 2020. Dua warga Rusia ini juga dikenakan Pasal 75 (1) UU RI Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian. "Mereka dideportasi pada (1/8) pukul 20.10 WIB melalui TPI Soekarno-Hatta dengan Maskapai Turkish Airlines Jakarta (CGK) - Istanbul (IST) - Rostov," jelas Surya.

Surya menjelaskan kedua warga Rusia tersebut juga dimasukan dalam daftar Penangkalan ke Direktorat Jenderal Imigrasi.

Sementara itu, pada (1/8) Imigrasi Denpasar juga mendeportasi seorang warga Inggris bernama Michael Wilkinson (56) melalui Bandar Udara Internasional dengan penerbangan QR961 dan QR027pukul 22.00 wita, dengan tujuan Denpasar menuju Doha kemudian menuju Manchester.

Warga Negara Inggris tersebut telah melanggar Pasal 75 ayat (1) Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dan dikenakan Tindakan Adminsitratif Keimigrasian berupa pendeportasian.

Selain itu, namanya dimasukkan dalam daftar penangkalan selama enam bulan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 75 ayat (2) huruf a dan f undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

"Pendeportasian ini dilakukan serangkaian dengan penerbangan yang mulai dibuka meskipun belum normal. Jangka waktu pendeportasian juga cepat," katanya. (OL-12)

Baca Juga

Ist

DPR Terima Masukan Serikat Pekerja dan BEM Soal RUU Cipta Kerja

👤Antara 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 22:34 WIB
Azis Syamsuddin mengatakan DPR menyambut baik dan sangat berterima kasih telah memberi masukan dalam pembahasan RUU Cipta Kerja dari...
Dok. Pribadi

Elemen Purnawirawan TNI AU Apresiasi Kepemimpinan Presiden Jokowi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 22:30 WIB
Menurut Dede, arah perjalanan bangsa ini sudah mengarah pada tercapainya tujuan nasional, yaitu masyarakat Indonesia adil, makmur dan...
Antara/Hafidz Mubarak A

Pimpinan KPK Sebut Peralihan ke ASN Tak Pengaruhi Independens

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 21:41 WIB
Sebelumnya, Presiden Jokowi menerbitkan PP Nomor 41/2020 yang mengatur pengalihan status pegawai KPK menjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya