Minggu 02 Agustus 2020, 19:03 WIB

Hotel dan Destinasi Wisata di Bali Mulai Terisi Tamu Domestik

Arnoldus Dhae | Nusantara
Hotel dan Destinasi Wisata di Bali Mulai Terisi Tamu Domestik

ANTARA/NYOMAN HENDRA WIBOWO
Wisatawan domestik menggunakan masker saat liburan Iduladha 1441H di masa Adaptasi Kebiasaan Baru tahap II di obyek wisata Tanah Lot, Bali.

 

SETELAH dibuka secara resmi sejak tanggal 31 Juli 2020, hotel di Bali terus menggeliat dan terisi. 

Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD Bali Nyoman Astana menjelaskan, sekalipun tingkat hunian di Bali belum kelihatan, namun dirinya sudah menerima laporan dari anggota bahwa sudah ada hunian yang seluruhnya adalah tamu domestik.

"Peningkatan angka atau tingkat hunian memang belum kelihatan. Namun sudah ada beberapa hotel yang sudah menerima tamu. Kalau dibandingkan dengan jumlah kamar hotel di Bali baik berbintang maupun melati, memang masih jauh. Sebab, saat ini di Bali ada lebih dari 130 ribu kamar yang kosong, sejak ditutup sekitar 5 bulan yang lalu. Namun geliat itu sudah kelihatan, bahkan banyak hotel yang sudah menerima event event dua sampai tiga bulan ke depan," ujarnya di Denpasar, Minggu (2/8).

Ia meminta agar seluruh hotel menyiapkan protokol kesehatan. Saat ini ada 3.435 hotel berbintang di Bali yang sedang mempersiapkan pemberlakukan protokol kesehatan. Hasil verifikasi untuk mendapatkan sertifikasi pemberlakuan protokol kesehatan saat ini baru mencapai 52 hotel.  Sisanya sedang dalam proses dan akan selesai dalam waktu dekat.

Ada tiga yang harus dipersiapkan di hotel yakni infrastruktur yang menjadi SOP protokol kesehatan, pelayanan yang sudah memenuhi kriteria tatanan kehidupan Bali era baru dan manajemen tata kelolah hotel yang saat ini harus sesuai dengan protokol kesehatan.

Baca juga: Bali Masuk 4 Besar Destinasi Wisata Terbaik Dunia

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung Made Badra mengatakan, jumlah wisatawan domestik yang dalam dua tiga hari ini mendatangi pusat pariwisata dunia di wilayah Badung terus berdatangan. 

Menurutnya wisatawan domestik yang datang ke Bali berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sekalipun tidak semuanya yang datang ke Bali itu mendatangi destinasi, namun data penerbangan menunjukan peningkatan yang luar biasa. 

"Kami mendapatkan data penumpang masuk melalui Bandara Ngurah Rai. Diketahui sejak awal Juli 2020, jumlah penumpang masuk Bali 43.246 orang. Kalau pun mereka ini tidak semuanya wisatawan namun Bali tetap mendapatkan keuntungan, karena mereka saja bisa menginap di hotel, makan di restoran, atau belanja souvenir," ujarnya.

Hasil pantauan di lokasi wisata diketahui sudah banyak destinasi yang dipadati pengunjung. Beberapa bisa disebutkan antara lain Pantai Kuta Bali, Legian, Seminyak, Nusa Dua, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pantai Pandawa dan sebagainya. Untuk long weekend, sangat kelihatan kepadatan di destinasi wisata Bali. 

"Kunjungan wisatawan domestik mulai meningkat ke Badung, karena long weekend. Ini memberikan harapan untuk sektor pariwisata di Bali. Industri diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan baik di hotel, restoran, destinasi serta transportasi. Untuk mencegah penyebaran transmisi lokal," ujarnya. 

Sementara soal angka kunjungan memang belum bisa dihitung karena baru berjalan beberapa hari tetapi telah mampu menunjukkan optimisme yang luar biasa bahwa pariwisata Bali akan kembali normal.

Kepala Dinas Pariwisata Bali Putu Astawa mengatakan, hingga saat ini proses verifikasi untuk mendapatkan sertifikasi terus berjalan. Pihaknya akan berupaya mendorong pelaku hotel dan restoran agar terus berupaya menerapkan protokol kesehatan di tatanan kehidupan Bali era baru. 

"Kami akan berupaya dan bekerja keras agar sebelum dibuka untuk wisatawan mancanegara seluruh hotel berbintang di Bali sudah tersertifikasi dengan protokol kesehatan," ujarnya. 

Hal ini penting agar wisatawan yang datang ke Bali merasa nyaman dan menghindari klaster baru di destinasi wisata. (A-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Seno

Kecelakaan Maut di Jember Tewaskan Lima Orang

👤Antara 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 08:37 WIB
Kecelakaan beruntun tersebut melibatkan satu unit truk Mitsubishi Fuso Nopol : P-8525-UG, satu unit truk Mitsubishi Colt Diesel Nopol :...
MI/Dwi Apriyani

Pemberlakuan Pergub Protokol Kesehatan di Sumsel Ditunda

👤Dwi Apriyani 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 08:19 WIB
Pemprov Sumsel tetap gencar menyosialisasikan pergub yang nantinya mengatur sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan, meskipun pergub...
MI/Hijrah Ibrahim Jakaria

Kompi Senapan A Yonif RK 732 Banau Panen Bawang Merah

👤Hijrah Ibrahim Jakaria 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 06:06 WIB
Bawang merah sebanyak 1 ton itu akan dijual ke pasar di Halmahera Selatan serta diolah menjadi bawang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya