Minggu 02 Agustus 2020, 15:17 WIB

Kapolsek Cineam Distribusikan Air Bersih Bagi Warga Tasikmalaya

Krisitiadi | Nusantara
Kapolsek Cineam Distribusikan Air Bersih Bagi Warga Tasikmalaya

MI/Kristiadi
Kapolsek Cineam Polresta Tasikmalaya AKP Semiyono salurkan air bersih di Kampung Neglasari, Desa Cijulang, menggunakan mobil patroli.

 

Ratusan warga berada di Kampung Sukahurip, Neglasari, Desa Mediasari dan Desa Cijulang, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, sudah mengalami kekurangan air bersih. Pendistribusian air tersebut dilakukan oleh Kapolsek termasuk para anggota turut serta membantunya.

Kapolsek Cineam Polresta Tasikmalaya AKP Semiyono mengatakan, ratusan warga berada di Desa Mediasari dan Desa Cijulang selama ini sulit menemukan air bersih karena sumur dan sumber mata air yang biasanya mereka dapatkan sudah menyusut. Namun, kebutuhan air yang mereka butuhkan sudah terpenuhinya meski dilakukan secara bertahap.

"Ada dua desa di Kecamatan Cineam selama ini telah dilanda kekeringan dan kesulitan air bersih. Sedangkan, untuk desa lainnya sudah mulai sebagian lahan persawahan mengalami kekeringan tapi petani telah berupaya mencari air dengan menggunakan pompa mesin untuk mengairi areal pertanian supaya tidak gagal tanam," katanya, Minggu (2/8/2020).

Semiyono mengatakan, pendistribusian air di dua desa tersebut sudah dilakukannya hingga mencapai 12 ribu liter yang diangkut dengan menggunakan toren air di atas mobil patroli untuk kebutuhan minum, masak, wudhu, dan mencuci pakaian. Sedangkan, keperluan mandi setiap harinya hanya bisa didapatkan dari air sumur meskipun kondisinya itu kuning dan berbau.

"Untuk kebutuhan memasak terkecuali mandi dan kakus hanya dari air sumur yang selama itu tidak layak konsumsi. Karena, kondisinya terlihat menguning dan berbau. Areal perbukitan memang sekarang ini sudah mulai mengalami kekeringan dan hujan yang terjadi juga sudah mulai berkurang mengingat untuk saat ini justru hawa dingin terasa bagi warga," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Dadang Darmawan mengatakan, kekeringan yang terjadi sekarang ini telah menyebabkan 24 KK di Blok Walini, Dusun Sukamaju, Desa Sukajaya Kecamatan Pamarican membutuhkan air bersih. Pendistribuan air dilakukannya dengan menyalurkan 5 ribu liter agar warga bisa memakai dengan bijak di masa pandemi Covid-19.

"Mudah-mudahan daerah lainnya aman-aman saja, tidak sampai ada lagi yang kekurangan air. Kami periksa sumur warga, dan memang debit airnya turun dan jika curah hujan sedikit air sumur yang dimiliki mereka kurang. Namun ke depan berharap agar ada sumur bor umum agar mereka bisa memenuhi kebutuhan akan air bersih," harapnya. (Kristiadi/AD/OL-10)

Baca Juga

DOK MI

Jumlah Dokter Meninggal akibat Covid-19 di Medan Bertambah

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 00:30 WIB
Hingga kini, telah delapan dokter di Kota Medan yang meninggal akibat...
MI/ Ramdani

Dua Dokter di Medan Wafat Akibat Covid-19

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 00:06 WIB
Kedua dokter itu adalah Dennis dan Sabar Tuah...
MI/JOHN LEWAR

Kawasan Cagar Alam Wae Wuul Terbakar

👤Palce Amalo 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 23:16 WIB
Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT Timbul Batubara membenarkan kebakaran tersebut, namun belum diketahui...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya