Minggu 02 Agustus 2020, 14:59 WIB

Karhutla, Jumlah Titik Panas di Babel Kian Meningkat

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Karhutla, Jumlah Titik Panas di Babel Kian Meningkat

Antara
Ilustrasi

 

JUMLAH titik panas atau hotspot yang diduga kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Bangka Belitung (Babel) terpantau satelit kian meningkat.

Kepala BPBD Provinsi Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa mengatakan untuk Minggu (2/8) terpantau satelit terdapat 36 titik panas tersebar di enam Kabupaten.

"Minggu ini pantauan satelit ada 36 titik panas, tersebar di Bangka 15 titik, Bangka Barat 5 titik, Bangka selatan 9 titik, Bangka Tengah 5 titik, Belitung dan Belitung Timur masing-masing 1 titik," kata Mikron Minggu (2/8).

Ia menjelaskan, 15 titik panas terpantau di Bangka berada di kecamatan Mendo Barat 8 titik dan puding Besar 6 titik serta 1 titik di Puding Besar, sedangkan di Bangka Barat berada di Muntok, Bangka Selatan di Payung 5 titik, Simpang teritip 1 titik, Simpang rimba 3 titik, Bangka tengah Koba 1 titik, Simpang Katis 2 titik dan sungai selan 2 titik."kalau di belitung itu di sijuk dan Belitung timur di Gantung," ujarnya.

Baca juga : Sembilan Kabupaten di NTT Berstatus Awas Kekeringan

Mikron mengaku 36 titik panas ini baru sebatas dugaan adanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tapi untuk kebenaranya harus dilakukan cek kelapangan.

"Tingkat kepercayaan atau akurasi dari titik panas tersebut diangka delapan dan sembilan, angka ini cukup tinggi dan mengarah ke benar adanya yang terbakar, tapi sekali lagi saya tegaskan harus ada pembuktian dilapangan," terangnya.

Intentisias titik panas di babel akan semakin meningkat saat musim kemarau, untuk kitu harus segera di antisipasi dengan terus melakukan sosialisasi bahaya karhutla kepada masyarakat khususnya petani.(OL-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Seno

Kecelakaan Maut di Jember Tewaskan Lima Orang

👤Antara 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 08:37 WIB
Kecelakaan beruntun tersebut melibatkan satu unit truk Mitsubishi Fuso Nopol : P-8525-UG, satu unit truk Mitsubishi Colt Diesel Nopol :...
MI/Dwi Apriyani

Pemberlakuan Pergub Protokol Kesehatan di Sumsel Ditunda

👤Dwi Apriyani 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 08:19 WIB
Pemprov Sumsel tetap gencar menyosialisasikan pergub yang nantinya mengatur sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan, meskipun pergub...
MI/Hijrah Ibrahim Jakaria

Kompi Senapan A Yonif RK 732 Banau Panen Bawang Merah

👤Hijrah Ibrahim Jakaria 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 06:06 WIB
Bawang merah sebanyak 1 ton itu akan dijual ke pasar di Halmahera Selatan serta diolah menjadi bawang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya