Minggu 02 Agustus 2020, 13:46 WIB

Dikira Razia, Polres Cimahi Justru Bagi Masker ke Pengguna Jalan

Depi Gunawan | Nusantara
Dikira Razia, Polres Cimahi Justru Bagi Masker ke Pengguna Jalan

MI/Depi Gunawan
Anggota polisi memberikan masker kepada pengguna kendaraan yang melintas di wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (2/8).

 

ANGGOTA Polres Cimahi membagikan ribuan masker gratis kepada masyarakat serta pengunjung wisata di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, untuk mencegah penyebaran covid-19 di sejumlah titik keramaian.

Salah satu lokasi pembagian masker dilakukan di depan Alun-alun Lembang. Masker dibagikan kepada pengendara sepeda motor maupun mobil. Namun, banyak pengendara yang menghindar karena dikira polisi sedang melakukan razia.

Sejumlah pengendara menghindar karena melanggar aturan lalu lintas di antaranya tidak menggunakan helm hingga ada yang tidak memakai masker sama sekali.

Salah seorang pengendara motor, Tantan, 28, mengaku awalnya kaget dan sempat takut ketika melihat beberapa anggota polantas berdiri di pinggir jalan seperti sedang menggelar razia.

"Sempat kaget soalnya dari kejauhan banyak anggota polisi, setelah mendekat, tiba-tiba motor diberhentikan dan teman saya yang dibonceng ditegur karena dia enggak pakai masker," kata Tantan, Minggu (2/8).

Baca juga:  Tidak Gunakan Masker di Tasikmalaya Bakal Disanksi

Setelah dijelaskan, kepolisian hanya menggelar kegiatan pembagian masker, Tantan pun lega.

"Cuma ditegur, teman saya lalu dikasih masker. Kata polisinya buat cegah korona," ujarnya.

Kapolres Cimahi AKBP Yoris Maulana Yusuf Marzuki mengatakan sasaran pembagian masker diperuntukkan bagi para pedagang makanan, pejalan kaki serta pengguna kendaraan baik mobil maupun sepeda motor yang melintas di wilayah Lembang.

"Melalui pembagian masker ini, kami sekaligus mengingatkan serta mengimbau terutama penjual makanan untuk selalu menggunakan masker dan sarung tangan agar pembeli yang kebanyakan wisatawan merasa aman dan nyaman," ungkap Yoris.

Pihaknya menyebar sebanyak 5.000 masker kepada masyarakat. Dengan berjalan kaki, puluhan anggota polisi ini menyusuri tempat-tempat yang banyak didatangi masyarakat serta kerumunan orang terutama mereka yang tidak mengenakan masker.

Yoris mengatakan, masih ada sebagian kecil masyarakat yang kurang sadar dengan tidak memakai masker di tengah pandemi covid-19 ini, meskipun pemerintah sudah mengeluarkan aturan bagi yang tidak mengenakan masker.

"Harapannya, dengan pembagian masker di Lembang, kesadaran masyarakat semakin tinggi dan juga dapat mengurangi penyebaran covid-19. Karena wilayah Lembang banyak didatangi pendatang yang berwisata di sini," jelasnya.(OL-5)

Baca Juga

Ilustrasi

10 Napi Tahanan Kejari Denpasar Positif Covid-19

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 21:05 WIB
Eka Widanta juga mengatakan, selama masa pandemi dengan persidangan sistim online diakui sedikit mengalami perubahan bagi tahanan jaksa...
MI/Kristiadi

Dua Anggota DPRD Positif Korona, Gedung DPRD Garut Tutup 14 Hari

👤Kristiadi 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 20:54 WIB
Namun, untuk sekarang ini pelayanan di Gedung DPRD telah ditutup sementara selama 14 hari ke...
DOK MI

1,29 Juta Pekerja di Jatim Didaftarkan Dapat Bantuan Rp600 Ribu

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 20:46 WIB
Pekerja yang mendapatkan bantuan pemerintah ini harus memenuhi beberapa persyaratan. Mereka yang menerima bantuan adalah pekerja formal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya