Minggu 02 Agustus 2020, 08:20 WIB

Jelang Ganjil Genap, Trans-Jakarta Tambah 155 Armada

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Jelang Ganjil Genap, Trans-Jakarta Tambah 155 Armada

MI/Andri Widiyanto
Calon penumpang menjaga jarak saat mengantri untuk menaiki bus Transjakarta di Jakarta, Kamis (19/3/3030).

 

MODA transportasi Trans-Jakarta akan menambah armada pada ruas koridor yang terimbas kebijakan ganjil-genap. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya menyepakati pemberlakuan kembali ganjil genap mulai Senin (3/8) esok.

Penambahan armada yang mencapai 25% atau 155 unit ini mulai disterilisasi dan disiapkan secara teknis untuk diluncurkan esok hari.

Penambahan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pelanggan pada waktu tersebut dengan tetap memastikan terjaganya kapasitas maksimum sesuai protokol pencegahan covid-19 yaitu 50% dari kapasitas angkut dan mempercepat pengosongan halte pada jam-jam sistem ganjil genap diterapkan yaitu pagi mulai pukul 06.00–10.00 WIB dan sore hari mulai pukul 16.00–21.00 WIB.

"Keseluruhan armada tersebut akan disebar di 10 koridor yang bersinggungan dengan 25 ruas jalan terimbas kebijakan gage," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo dalam keterangan resminya, Sabtu (1/8) malam.

Sepuluh koridor Bus Rapid Transit (BRT) Trans-Jakarta yang bersinggungan dengan ganjil genap dan penambahan armada sebanyak 25% difokuskan di dalam koridor koridor, yakni Koridor 1 Blok M - Kota, Koridor 2 Pulogadung 1 - Harmoni, Koridor 3 Kalideres – Pasar Baru, Koridor 4 Pulogadung 2 - Tosari, Koridor 5 Kampung Melayu - Ancol, Koridor 6 Ragunan – Tosari, Koridor 7 Kampung Rambutan – Kampung Melayu, Koridor 8 Lebak Bulus - Harmoni, Koridor 9 Pinang Ranti - Pluit dan Koridor 10 PGC 2 – Tanjung Priok

"Sehingga total armada beroperasi di 13 koridor pada masa gage akan mencapai 871 unit dan siap operasi untuk senin esok," papar Nadia.

Baca juga:  Idul Adha, TransJakarta Buka Layanan Pukul 09.00 WIB

Trans-Jakarta juga melakukan pengoperasian kembali tiga rute non-koridor untuk melayani lima Rusun mulai tanggal 1 Agustus 2020 yang sebelumnya ditiadakan selama masa pandemi yaitu:

1. L2 Pulogadung – Harmoni Via Pramuka

2. 10D Kampung Rambutan – Tanjung Priok

3. 2F Rusun Cakung Barat - Pulogadung

4. 3A Rusun Pesakih - Kalideres

5. 11B Rusun Rawabebek - Penggilingan

6. 11C Rusun Pinus Elok – Rusun Pulo Gebang

7. 11K Rusun Komarudin- Penggililngan

Selain itu, sebelumnya, bagi warga Cibubur yang perlu ke kantor di wilayah Sudirman, Thamrin maupun Kuningan, Trans-Jakarta sangat merekomendasikan untuk dapat menggunakan Royal Trans tanpa antrean dengan mengaktifkan pemesanan tempat duduk terlebih dahulu (pre-order seat) melalui aplikasi Tijeku untuk layanan Royal Premium rute 1K Cibubur Junction – Blok M dan 6P Cibubur – Kuningan.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Berencana Rusuh, Polisi Periksa Delapan Pendemo Depan DPR

👤Yakub Pryatama 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 11:25 WIB
"Delapan orang ini yang ada unsur pidana di situ. Misalnya ada yang bawa bom molotov. Ada yang bawa...
Ilustrasi/Medcom.id/ Mohammad Rizal

Dua Pelaku Pengganjal Atm di Tambora Diringkus Polisi

👤Yakub Pryatama 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 11:10 WIB
Pelaku yang sedang mengantre di belakang korban kemudian berpura-pura ingin membantu korban, lalu mengecoh untuk menukar kartu atm milik...
MI/Moh Irfan

Kegiatan CFD di Jakarta Selatan Ditiadakan

👤Antara 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 09:37 WIB
Hasil evaluasi PSBB transisi di tingkat provinsi masih banyak ditemukan pelanggaran di kawasan khusus seperti membawa balita, masih ada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya