Minggu 02 Agustus 2020, 06:19 WIB

Macet Mengintai Arus Balik Hari Ini

Ant/E-2 | Humaniora
Macet Mengintai Arus Balik Hari Ini

ANTARA/YULIUS SATRIA WIJAYA
Kepadatan kendaraan menuju jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kemarin.

 

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi hari ini sebagai puncak arus balik kendaraan menuju Jakarta setelah libur panjang perayaan Hari Raya Idul Adha.

Operation Management & Maintenance Group Head Jasa Marga, Pratomo Bimawan Putra, mengimbau para pengguna jalan untuk menghindari waktu yang bersamaan kembali ke Jakarta. Hal itu guna menghindari kemacetan di tol sangat mungkin terjadi.

“Kami mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta dengan terencana, salah satunya dengan menghindari waktu puncak arus balik pada Minggu (2/8) agar terhindar dari kepadatan,” kata Pratomo, kemarin.

Pengguna tol yang akan kembali ke Jakarta tersebut diperkirakan mayoritas berasal dari arah timur atau berasal dari Tol Trans-Jawa.

“Hampir setengahnya, lalu lintas menuju Jakarta berasal dari arah timur. Jika saat kembali ke Jakarta pengguna jalan terkonsentrasi hanya dalam satu hari, potensi terjadinya kepadatan Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta Cikampek II Elevated sangat tinggi karena tol tersebut merupakan akses utama untuk pengguna jalan dari arah timur menuju wilayah Jabotabek,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan, sambung Pratomo, pihaknya telah mengimbau para pengusaha angkutan barang/logistik untuk menunda kegiatan hingga periode 4 hari libur panjang Hari Raya Idul Adha 1441 H usai.

Titik-titik kepadatan yang perlu diantisipasi pengguna jalan yang menuju arah Jakarta di Tol Jakarta- Cikampek, di antaranya pertemuan lajur Tol Jakarta-Cikampek lI Elevated dan Tol Jakarta-Cikampek bawah di Km 48. Selain itu, di titik-titik jelang rest area.

“Kami terus berkoordinasi dengan kepolisian untuk dapat memberlakukan rekayasa lalu lintas, seperti contra flow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan,” jelas Pratomo.

Di kesempatan berbeda, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan jumlah kendaraan yang keluar dari Jakarta mengalami peningkatan dalam sepekan sebelum Hari Raya Idul Adha. Puncak kepadatan kendaraan yang meninggalkan Ibu Kota terjadi pada H-1 Lebaran atau Kamis (30/7), yaitu sebanyak 192.103 kendaraan atau terjadi kenaikan 55,7%. Penurunan jumlah kedaraan terjadi pada hari H, yakni 15% atau 142.929 kendaraan.

“Senin (27/7), jumlah kendaraan yang keluar sebanyak 123.774, naik 0,3%. Kemudian, Selasa (28/7) kembali naik 7,4% (132.494 kendaraan) dan Rabu (29/7) 145.596 kendaraan atau naik 18%,” ujar Budi.

Pemudik di Bakauheni

Dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, PT ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni melaporkan meningkatnya jumlah penumpang dan kendaraan menuju Merak, Banten, mulai kemarin.

Berdasarkan catatan hingga kemarin sore, penumpang di dalam kendaraan sebanyak 13.258 orang dan pejalan kaki 895 orang. Sementara itu, total jumlah kendaraan yang diangkut sebanyak 4.135 unit, terdiri atas kendaraan roda empat 1.707 unit, bus 89 unit, truk 1.554 unit, dan sepeda motor 785 unit.

PT ASDP Indonesia Ferry terus menyosialisasikan agar pengguna jasa feri mempersiapkan perjalanan dengan sebaik-baiknya, termasuk dengan membeli tiket melalui ferizy di laman www.ferizy.com, aplikasi di ponsel, atau beli langsung di Alfamart. (Ant/E-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Anggaran Bertambah, Mensos Minta Penyerapan Selesai November 2020

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 08:45 WIB
Per tanggal 13 Agustus 2020, dengan anggaran Rp134,008 triliun realisasi anggaran Kemensos mencapai Rp75,583 triliun...
Ist

PTI Beri Pelatihan Wirausaha Kuliner kepada Sahabat Disabilitas

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 05:58 WIB
Berkolaborasi dengan  sekolah Highscope Bintaro, pelatihan ini diadakan antara lain untuk menjadi bagian dalam mengatasi kondisi...
Dok Kemendikbud

Bersama Hadapi Korona, Bersama Bangkitkan Bangsa

👤S2-25 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 05:21 WIB
Meski dalam kondisi situasi pandemi, visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya