Minggu 02 Agustus 2020, 04:15 WIB

Syakir Daulay Cinta yang Melampaui Batas

Zubaedah Hanum | Humaniora
Syakir Daulay Cinta yang Melampaui Batas

Instagram @SYAKIRDAULAY
Aktor Syakir Daulay

 

AKTOR dan juga penyanyi muda kelahiran Bireun, Aceh, Syakir Daulay, 18, punya pandangan tersendiri dalam memaknai Hari Raya Idul Adha yang setiap tahun dirayakan umat muslim. 

Menurut Syakir, memaknai Hari Raya Idul Adha bukan hanya sekadar ikut memotong hewan kurban. “Jadi, menurut Syakir, memaknainya bukan cuma motong, tetapi gimana kita bisa memotong cinta yang melampaui batas. yang membuat kita lupa sama cintanya Allah SWT yang senantiasa baik memberikan untuk kita semua secara gratis,” lanjut Syakir Daulay, seperti dikutip dari Antara, kemarin.

Seperti diketahui, sebut Syakir, Hari Raya Kurban berawal dari kisah Nabi Ibrahim yang sangat mencintai Ismail, anaknya. Allah SWT pun menyuruh Nabi Ibrahim mengurbankan anaknya.

“Hakikatnya bukan Allah sembelih anaknya, tetapi Allah suruh sembelih cintanya selain Allah,” kata Syakir yang pernah melambungkan tembang Aisyah Putri Rasulullah itu.

Pelaksanakan kurban tahun ini diakuinya sungguh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Beberapa tradisi yang sering dilakukan di keluarganya saat Hari Raya Idul Adha juga tidak bisa dilakukan. Meski begitu, menurut Syakir, maknanya tidak berubah hanya medianya saja yang berbeda.

“Tradisi Idul Adha sih biasa ya silaturahim. Sekarang ada covid19 silaturahmi online aja. Jadi bisa istirahat kan ya karena libur syuting,” ujar Syakir.


Patungan

Saat itu, Syakir juga menceritakan pengalaman dirinya saat pertama kali membeli hewan kurban di Hari Raya Idul Adha dengan cara patungan bersama teman-temannya beberapa tahun lalu.

Remaja yang hafal 10 juz Alquran itu mengatakan saat itu dirinya belum mampu secara finansial membeli hewan kurban sendiri. Namun, karena niatnya untuk bisa berkurban, ia pun bersama teman-temannya patungan membeli hewan kurban. Syakir bersama sembilan temannya patungan kurban masing-masing senilai Rp200 ribu.

Menurut Syakir, berkurban di hari raya tidak harus menunggu sampai memiliki banyak uang. Dengan cara yang dilakukannya bersama teman-temannya dengan patungan pun menjadi salah satu alternatif, terutama bagi para milenial.

“Niatnya untuk membangun rasa kepedulian kita kepada fakir miskin dan juga kepada agama. Jadi, walaupun dulu Syakir enggak bisa kurban sendiri hanya bersama teman,” ujar Syakir.

Setelah kini meraih kesuksesan dalam kariernya, Syakir pun mengaku bersyukur karena telah mampu membeli hewan kurban sendiri. “Senang banget, makanya buat teman-teman yang mau kurban enggak sendiri, patungan aja sama teman,” terang dia.

Syakir mengawali debutnya di dunia film setelah ditunjuk sebagai pemeran utama Surga Menanti, film yang diputar secara serentak di bioskop-bioskop Indonesia, 2 Juni 2016 lalu.

Sosok Dafa kecil yang diperankannya itu memiliki kemampuan menghapal Alquran. Kru film melakukan pencarian sosok Dafa hingga akhir nya menemukan nama Syakir Daulay, yang sedang menyantri di Darul Quran, pesantren milik Ustadz Yusuf Mansyur di Tangerang.

Setelah Surga Menanti, Syakir pun dipercaya untuk tampil di film Laskar di Tapal Batas (2016), Lima Penjuru Masjid (2018), dan Mariposa (2020). Di dunia sinetron, Syakir pernah membintangi Anak Masjid pada 2017 dan Fatih di Kampung Jawara pada 2018. (H-2)

Baca Juga

DOK IPC

Dukung Holding RS BUMN, IPC Harapkan Standardisasi Layanan

👤Widhoroso 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 00:36 WIB
PT RS Pelabuhan sendiri memiliki empat cabang yakni RSP Jakarta, RSP Cirebon, RSP Palembang, dan RS Port Medical Center dan 12 klinik ...
Antara/Muhammad Iqbal

Menpora : Dorong Pembinaan Karakter Pemuda agar Terbebas Narkoba

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 00:05 WIB
“Kegagalan dalam mendidik generasi muda sama dengan kegagalan membangun bangsa," kata...
Dok. Pribadi

Kemendikbud Ajak Pelajar Saksikan Aksi Gita Bahana Nusantara

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 22:28 WIB
Para peserta GBN tetap tampil dalam kegiatan konser virtual yang ditayangkan di stasiun televisi Metro TV pada16-17 Agustus 2020 Pukul...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya