Sabtu 01 Agustus 2020, 20:44 WIB

Proses Hukum Djoko Tjandra Harus Dilakukan Transparan

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Proses Hukum Djoko Tjandra Harus Dilakukan Transparan

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.
Joko S Tjandra (oranye)

 

KASUS Djoko Tjandra dinilai menjadi pelajaran penting bagi penegak hukum. Dugaan adanya oknum-oknum yang terlibat dalam pelarian Djoko Tjandra membuat transparansi proses hukum kasus Djoko Tjandra sangat penting dilakukan.

Pakar Hukum Pidana, Indriyanto Seno Adji, menilai sejauh ini kerja Polri sudah baik dan patut diapresiasi. Penangkapan dan pemulangan, Djoko Tjandra dinilainya merupakan bentuk High Level Inter States Diplomacy atau kerja sama diplomasi tingkat tinggi negara.

"Saya tidak lihat ada kejanggalan kinerja Polri untuk menangkap Djoko Tjandra," ujar Indriyanto, ketika dihubungi, Sabtu, (1/8).

Meski begitu ia mengatakan bahwa proses masih panjang dan harus terus berjalan. Di antaranya pemeriksaan dugaan tindak pidana mengenai pemalsuan dokumen. Termasuk juga penegakan hukum pada oknum-oknum yang mencoba menghalangi proses hukum pada Djoko Tjandra atau obstruction of justice.

"Siapa-siapa yang terlibat akan dibuka secara transparan. Jadi sebaiknya publik menunggu kelanjutan proses pelanggaran hukum yang sudah dimulai pemeriksaannya oleh Bareskrim Polri ini," ujar Indriyanto.

Selain itu, ia mengatakan Kejaksaan Agung harus segera mengeksekusi Djoko Tjandra berdasarkan putusan Peninjauan Kembali (PK) Mahkamah Agung pada 2009 silam.(OL-4)

Baca Juga

Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Penyidik Butuh Keterangan Hakim

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 07:20 WIB
Pemanggilan hakim sebagai saksi kasus dugaan korupsi eks Sekretaris MA Nurhadi sesuai prosedur yang...
Ist

Food Estate di Kalteng untuk Reposisi dan Optimalisasi Lahan

👤Iam/S1-25 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 06:31 WIB
Untuk reposisi dan optimalisasi (lahan). Selain itu juga memperhatikan transformasi dan reposisi areal eks PLG, ketahanan ekologi,...
Setpres/Kris

Tegakkan Kedaulatan di Ujung Timur

👤Cah/P-3 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 06:20 WIB
Dulu kita takut menuju batas ini. Tempatnya sepi dan rawan terjadi kejahatan. Namun, sekarang orang berbondong-bondong ke sini untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya