Sabtu 01 Agustus 2020, 04:33 WIB

Sudah 500 Relawan Siap Jadi Subjek Uji Klinis

BY/Iam/X-8 | Humaniora
Sudah 500 Relawan Siap Jadi Subjek Uji Klinis

ANTARA/OKY LUKMANSYAH
Sejumlah relawan mengikuti Apel Pelantikan Relawan Mandiri Covid-19 di Tegal, Jawa Tengah, Kamis (30/7).

 

TIM uji coba fase III vaksin virus korona (covid-19) Universitas Padjadjaran Bandung telah mendapatkan sekitar 500 calon subjek. Para relawan itu diperoleh berdasarkan inisiatif mereka setelah pendaftaran dibuka sejak sepekan ini.

Juru bicara tim uji coba fase III vaksin covid-19 Unpad, Rodman Tarigan, mengatakan pihaknya merasa bersyukur karena relatif mudah dalam mengumpulkan subjek untuk uji klinis tersebut. Sebagai bentuk terima kasih atas kerelaan para subjek, pihaknya akan memberi penghargaan.

“Kompensasi atas waktu luang dari subjek yang direkrut untuk ikut dalam penelitian ini,” ujarnya di Bandung, dua hari lalu. Namun, dia tak memerinci wujud penghargaan itu.

Rodman juga memastikan pihaknya tidak akan membuka identitas para subjek uji klinis. “Dalam dunia penelitian ada hal-hal termasuk klausul yang harus dijaga oleh peneliti dan subjek. Peneliti akan dan harus menjaga kerahasiaan subjek selama penelitian berlangsung.’’

Rodman berharap uji klinis berhasil dan bisa menuntaskan pandemi ini. “Mohon doanya agar penelitian ini berjalan lancar, memberikan hasil yang baik untuk kemaslahatan seluruh rakyat Indonesia.’’

Uji coba vaksin covid-19 asal Tiongkok yang akan dilakukan Tim Fakultas Kedokteran Unpad sudah mendapat izin dari Komite Etik yang diantaranya terdiri atas Litbangkes dan Badan POM. Uji klinis akan mulai dilakukan awal bulan ini.

Ketua tim uji coba, Kusnandi Rusmil, mengatakan pihaknya menyiapkan 1.620 subjek yang semuanya berada di Bandung. Jumlah itu berdasarkan perhitungan ilmiah yang antara lain mengacu pada jumlah kasus covid-19 dan jumlah penduduk Kota Bandung.

Nantinya, jelas Kusnandi, subjek uji coba vaksin akan dibagi dua kelompok untuk mengetahui efektivitas antivirus. Dari total 1.620 subjek, hanya 800 relawan yang mendapatkan suntikan vaksin. “Sisanya hanya akan diberikan plasebo,” terangnya seraya menjelaskan bahwa plasebo hanyalah cairan biasa yang menyerupai vaksin covid-19.

Dia memprediksi uji coba vaksin ini akan selesai sekitar 6-9 bulan. Jika uji coba berhasil, antivirus bisa diberikan kepada masyarakat paling cepat awal tahun depan.

Salah satu orang yang menjadi relawan ialah Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. Dia terdorong untuk menjadi subjek uji klinis vaksin covid-19 atas pertimbangan kemanusiaan.

“Saya sudah proses pendaftaran, tetapi butuh beberapa administrasi lainnya. Rencananya sih pada pekan pertama atau kedua pembukaan tes saya lengkapi dan saya langsung ke Bandung untuk langsung divaksin,” tuturnya, kemarin. (BY/Iam/X-8)

Baca Juga

ANTARA/ANIS EFIZUDIN

Menag: Tatap Muka Pesantren di Zona Kuning Lebih Mudah

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 18:30 WIB
Menag menilai  selama ini pesantren telah mampu menjalankan protokol kesehatan di dunia pendidikan dengan...
MI/CAHYA MULYANA

Insentif untuk Tenaga Kesehatan Langsung ke Rekening

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 18:15 WIB
Pemberian insentif per bulan sebanyak Rp15 juta bagi dokter spesialis, Rp10 juta dokter umum dan Rp7,5 juta bagi tenaga kesehatan lainnya...
MI/Agus Mulyawan

Mendikbud: Pembelajaran Tatap Muka Harus Ada Empat Persetujuan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 17:50 WIB
MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyebut ada empat persetujuan yang harus dipenuhi agar pembelajaran tatap muka...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya