Jumat 31 Juli 2020, 19:00 WIB

Jambore Virtual Adiwiyata Nasional 2020 Diapresiasi Peserta

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Jambore Virtual Adiwiyata Nasional 2020 Diapresiasi Peserta

Dok. Pribadi
Jambnore Adiwiyata Nasional 2020 yang digelar secara virtual

 

AJANG tahunan Jambore Adiwiyata Nasional kembali digelar. Kali ini, kegiatan yang digelar Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) dan PT. Astra International itu digelar secara virtual untuk menghindari penularan Covid-19.

Meski digelar secara virtual, ajang yang dihelat 4-25 Juli dengan tema Gemilang, Gerakan Minat Literasi Lingkungan itu, mendapatkan apresiasi dari peserta yang berasal dari 23 Provinsi itu.

Hartadi Jero Alit, Guru SMPN 9 Malang mengaku, kegiatan Jambore Adiwiyata Nasional 2020 berlangsung seru meski digelar secara virtual. Ia mengaku mendapatkan pelajaran dan ilmu serta tugas yang sangat berguna dan bermanfaat 

"Contohnya, Training Of The Traniner (TOT) sangat mengeksplor alam. Jika alam sehat, kita pun sehat. Bravo untuk HPAI," katanya dalam keterangan tertulis.

Hal senada juga diungkapkan oleh Julita Dewi, Guru SMP Muhammadiyah Kandis Riau, dalam mengikuti TOT, pemateri-pemateri yang menyampaikan ilmunya kepada dirinya sebagai peserta sangat luar biasa. 

"Dan, saya pun memahaminya. Semoga event berikutnya HPAI lebih luar biasa lagi," katanya.

Baca juga : Festival Pendidikan Sinar Mas Land Dorong Pembelajaran Kreatif

Begitu juga yang dituturkan Santi, Guru SDN 07 Peneki Sulawesi Selatan. Ia mengakui, dengan mengikuti TOT HPAI ini sangat luar biasa. Karena dari para peserta banyak merasakan manfaatnya. Dari yang tidak tahu menjadi mengerti. Dan dari yang kurang menjadi lebih paham. Menginspirasi. 

"Harapan ke depannya agar HPAI lebih baik lagi. Dan saya pun dapat mengaplikasikan ilmu yang saya dapat di sini di kehidupan sehari hari. Salam sinergi satu aksi HPAI," ujarnya.

Jambore Adiwiyata Nasional 2020 yang juga didukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terdiri dari 10 kegiatan, diantaranya adalah Training Of Trainers (TOT) untuk Penggiat Adiwiyata. Final HPAI IDEA Competition untuk Guru dan siswa SMA/SMK. Gemilang Kreatif bahan sampah plastik, untuk tingkat SD,SMP SMA/SMK.

Selain itu, ada juga Gemilang kreatif Konten Media Sosial, untuk SMP/SMA/ SMK sederajat. Gemilang  Kreatif “Mobil Angin” untuk SD sederajat. Gemilang Kreatif Kolase Bahan Alam, adaptasi mitigasi Covid 19 dan Cerdas Gemilang serta pengukuhan pengurus wilayah HPAI.

Peserta terbagi atas 385 orang TOT, 886 siswa yang terdiri dari 23 provinsi. Ke-23 provinsi yang ikut tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Banten, Bangka Belitung, Bali, Lampung, Aceh dan Gorontalo. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara

Dorong Model Pendidikan Partisipatif dan Memerdekakan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 22:32 WIB
POP dan PGP yang digagas Kemdikbud dinilai menjadi bagian dari inisiasi untuk menciptakan pendidikan yang selaras dan sesuai kebutuhan...
AFP/Jean-Francois Monier

Tangani Covid-19,Obat Tradisional tak Dapat Gantikan Peran Vaksin

👤Ihfa Firdausya 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 21:59 WIB
“Jamu (obat tradisional) ini adalah untuk komorbid dari covid-19, artinya bisa dipergunakan untuk meringankan gejala-gejala...
AFP/STR

BMKG Ingatkan Waspada Tiga Hari Hujan Deras dan Angin Kencang

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 20:59 WIB
BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan dan angin kencang supaya...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya