Jumat 31 Juli 2020, 09:55 WIB

The Nusa Dua Resmi Kembali Dibuka untuk Wisatawan Lokal

Mediaindonesia.com | Nusantara
The Nusa Dua Resmi Kembali Dibuka untuk Wisatawan Lokal

Dok.ITDC
ITDC membuka kembali kawasan The Nusa Dua Bali bagi kunjungan wisatawan Nusantara mulai Jumat (31/7).

 

PANDEMI covid-19 yang melanda Indonesia dan sebagian besar dunia memang telah melumpuhkan berbagai sektor kehidupan. Salah satu sektor yang terdampak dari wabah tersebut yakni pariwisata.

Itu sebabnya para pelaku pariwisata menyambut baik kebijakan pemerintah yang menerapkan kehidupan adaptasi baru, sebelumnya disebut new normal. Mereka berharap dengan fase itu, dunia pariwisata Indonesia, kembali bergerak.

Baca juga: Pulihkan Sektor Pariwisata, Pemerintah Siapkan Enam Strategi

Salah satu tempat yang siap menerima kunjungan wisatawan lagi yakni, Bali dan NTB. Diungkapkan PT  Pengembangan  Pariwisata  Indonesia  (Persero)/  Indonesia  Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB, secara resmi mereka membuka kembali kawasan The Nusa Dua Bali bagi kunjungan wisatawan Nusantara mulai Jumat (31/7).

Pembukaan kembali kawasan The Nusa Dua bagi wisatawan Nusantara ini dibarengi dengan penerapan protokol  kesehatan dalam  rangka pencegahan  dan  penanganan covid-19 sesuai  dengan Panduan Pelaksanaan Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kualitas standar pelaksanaan protokol kesehatan yang  diterapkan  di  The  Nusa  Dua juga  telah lulus  uji  verifikasi  dan  tersertifikasi  dengan diperolehnya Sertifikat Sertifikasi Tatanan Kehidupan Era Baru untuk Kawasan Nusa Dua dari Pemprov Bali. "Hari ini, Jumat (31/7) kami menyatakan bahwa The Nusa Dua, Bali secara resmi telah bisa menerima kunjungan wisatawan kembali. Dengan protokol kesehatan tersertifikasi dan dukungan penerapannya oleh semua pihak secara disiplin, kami optimistis dapat mewujudkan The Nusa Dua sebagai destinasi wisata yang clean,  health, aman serta nyaman bagi wisatawan yang berkunjung di masa new normal," ujar Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan pemerintah yang telah memilih The Nusa Dua sebagai pilot project destinasi CHSE dan akan berupaya keras untuk memenuhi target dan harapan tersebut dalam mendukung Bali Bangkit menuju Indonesia Bangkit” imbuhnya.

Sertifikasi Tatanan Kehidupan Era Baru untuk Kawasan Nusa Dua tersebut diserahkan oleh Gubernur Bali Wayan  Koster kepada  Dirut  ITDC pada  seremoni  Deklarasi  Program  Kepariwisataan  dalam  Tatanan Kehidupan Bali Era Baru dan Digitalisasi Pariwisataberbasis QRIS yang digelar di The Nusa Dua, Bali pada hari Kamis (30/7).

Sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan di Kawasan The Nusa Dua, pemeriksaan kesehatan dimulai dari pintu gerbang utama dengan melakukan pemeriksaan kendaraan dan pengunjung, pemeriksaan identitas diri dan reservasi tempat yang dituju yang merupakan salah satu syarat masuk. ITDC akan memastikan wisatawan menggunakan masker selama beraktivitas dalam kawasan, selalu mencuci tangan dengan teratur dan melakukan physical distancing.

Untuk  memastikan  pelaksanaan physical  distancing,  ITDC  menerapkan crowd  management dengan membatasi  jumlah  pengunjung    di  suatu  lokasi  maksimal  25  orang, dan menerapkan Queue  and Interaction  Management dengan  mengatur  jarak  antrian  pengunjung sehingga  dapat  mencegah penumpukan pengunjung. ITDC juga menggunakan sistem cashless berupa penggunaan sistem QRIS untuk transaksi wisatawan di seluruh areaThe Nusa Dua sehingga mengurangi interaksi melalui sentuhan. Selain menggunakan QRIS, pengunjung dapat menggunakan  debit dan kartu kredit semua Bank, E –Wallet, E –Money semua bank, dan Online Channeluntuk bertransaksi.

“Mengenai kebersihan lingkungan, wisatawan yang berkunjung pun tak perlu khawatir. Sebagai pengelola kawasan, kami menambah fasilitas penunjang pelaksanaan protokol kesehatan berupa tempat cuci tangan sebanyak 5 lokasi, signage physical distancing sebanyak 14 titik dan toilet. Untuk memastikan tingkat hygene kawasan, kegiatan penyemprotan disinfektan juga dilakukan secara rutin dan terjadwal sebanyak 2 kali sehari,”  ujar Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita.

Sementara itu, guna menarik pengunjung atau wisatawan, sejumlah tenant The Nusa Dua menawarkan berbagai program menarik antara lain, Bali Nusa Dua Hotel menawarkan paket menginap dua malam dan free breakfast senilai Rp.1.050.000/nett dengan periode booking hingga 31 Agustus untuk periode menginap hingga 30 April 2021.

The  Nusa  Dua dengan  konsep one  stop  destination, memiliki beragam pilihan  beraktivitas dan kelengkapan fasilitas sehingga wisatawan dapat menikmati liburan dalam kawasan seluas 350 ha ini, tanpa perlu keluar dari kawasan. Bagi wisatawan yang berkunjung ke The Nusa Dua, mereka dapat menikmati keindahan pantai yang membentang sepanjang 4 km, lalu menikmati suguhan budaya tari kecak di Pulau Peninsula.

“Keunggulan  konsep one  stop  destination, penerapan  protokol  kesehatan yang  ketatserta program promo oleh sejumlah tenant di kawasan The Nusa Dua akan kami promosikan secara gencar melalui berbagai platform sehingga mampu menumbuhkan kepercayaan dan kenyamanan bagi wisatawan untuk mulai berkunjung ke kawasan kami. Dan kami berharap upaya kami inidapat mendorong bisnis pariwisata The Nusa Dua dan Bali dapat mulai bangkit kembali,” kata I Gusti Ngurah Ardita. (Ant/A-1)

Baca Juga

MI/Hijrah Ibrahim Jakaria

Kompi Senapan A Yonif RK 732 Banau Panen Bawang Merah

👤Hijrah Ibrahim Jakaria 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 06:06 WIB
Bawang merah sebanyak 1 ton itu akan dijual ke pasar di Halmahera Selatan serta diolah menjadi bawang...
ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Surabaya-Gresik Keluar dari Zona Merah

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 05:45 WIB
Penanganan pandemi di sejumlah daerah di Jawa Timur membuahkan hasil...
ANTARA

Pemkab Banyuasin Terapkan KBM Tatap Muka Mulai 24 Agustus

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 01:39 WIB
Proses belajar mengajar akan dibagi menjadi dua sesi, yakni pagi dan siang. Masuk kelasnya dibagi dua yakni pagi pukul 07.30 hingga 11.30...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya