Jumat 31 Juli 2020, 15:50 WIB

Kemenhub: Pergerakan Kendaraan ke Luar Jakarta Meningkat

Hilda Julaika | Megapolitan
Kemenhub: Pergerakan Kendaraan ke Luar Jakarta Meningkat

MI/PIUS ERLANGGA
Kepadatan arus lalu lintas terjadi pada sejumlah ruas jalan menjelang sore hari seperti yang terjadi di Jalan Sudirman

 

DIREKTUR Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, mengatakan terjadi peningkatan lalu lintas volume kendaraan dari Jakarta ke arah Jawa Tengah dibandingkan lalu lintas di hari biasa. Hal ini berdasarkan pemantauan kenaikan volume lalu lintas di Gerbang Tol Palimanan pada Jumat (31/7) dini hari pukul 03.00 WIB.

Sementara itu, data teranyar, di Tol Cikampek Utama per 30 Juli kemarin diperkirakan sebanyak 55 ribu kendaraan melintas. Volume kendaraan ini meningkat hingga 100% dari hari biasanya yang sekitar 27 ribu kendaraan.

Baca juga: Pandemi Datang, Omzet Jualan Kambing Berkurang

"Di Tol Cikampek Utama pergerakan masyarakat ke luar Jakarta tanggal 30 kemarin ada 55 ribu atau naik 100%. Di kondisi normal itu pergerakan sekitar 27 ribu," ujar Budi dalam keterangan resminya, Jumat (31/7).

Adapun menurutnya pergerakan masyarakat dari Jakarta terjadi sejak Senin (27/7). Pada Kamis (30/7) telah terjadi kenaikan volume lalu lintas dibandingkan dengan keadaan lalu lintas normal.

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat yang melakukan perjalanan mudik mengatur rencana perjalanannya dan menyesuaikan waktu untuk kembali ke Jakarta sehingga tidak bersamaan kembali ke kota asal atau ke Jakarta pada hari yang sama dan dapat meminimalisasi kepadatan.

"Dalam kondisi seperti ini untuk menghindari kemacetan di Hari Minggu saya mengimbau masyarakat yang bepergian ke Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk kembali lebih cepat agar menhindari kemacetan di Hari Minggu," tegasnya. (OL-6)

Baca Juga

MI/Ramdani

Indosat Bantah Diminta Pemprov DKI untuk Tutup Kantor

👤Susanto 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 21:22 WIB
Menurut dia, dalam sidak tersebut, pihak Indosat Ooredoo telah menandatangani pakta...
Antara

Anies Minta Peran PMI Perangi Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 20:52 WIB
“Para pengurus yang barusan dilantik ini mendapatkan tugas ekstra, terlebih pada masa pandemi seperti sekarang. Ada PR besar terkait...
Dokumentasi : Medcom.id

Dinkes DKI Waspadai Penderita Komorbid Seiring Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 20:36 WIB
Penderita komorbid rentan tertular...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya