Jumat 31 Juli 2020, 12:59 WIB

Fenomena Alam, Banyak Tukik Bermunculan di Pantai Petitenget

Arnoldus Dhae | Nusantara
Fenomena Alam, Banyak Tukik Bermunculan di Pantai Petitenget

MI/Arnoldus Dhae
Warga mengamati tukik-tukik muncul di Pantai Petitenget, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (31/7/2020)

 

DALAM sepekan terakhir, banyak tukik atau calon penyu bermunculan di Pantai Petitenget, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Kemunculan tukik di Pantai Petitenget merupakan fenomena baru, sebab biasanya tukik munculnya di seputaran kawasan Pantai Kuta. Terakhir ditemukan sekita Jumat (31/7) pagi. 

"Pagi ini hanya terlihat 4 ekor. Mungkin juga banyak tetapi tidak sempat terpantau. Sebelumnya pernah terlihat pada Minggu pagi (26/7). Dan sekarang ada lagi. Jumlahnya lumayan banyak," kata anggota Satpolair Polres Badung  Bripka I Gusti Ngurah Gede Blambangan saat melaksanakan patroli jalan kaki di sekitaran Pantai Petitenget, Jumat (31/7). 

Dengan adanya temuan  tersebut, empat tukik yang merupakan satwa dilindungi saat itu juga dilepas ke laut oleh Bripka Blambangan yang disaksikan oleh pengunjung pantai setelah dapat petunjuk dari Kasat polair Polres Badung Iptu I Wayan Jiwa Antara.

Salah seorang pengunjung pantai, I Gede Suryana mengatakan, temuan tukik tersebut merupakan peristiwa langka yang pernah dia lihat secara langsung menetas dari telurnya. Menurutnya baru pertama kali menyaksikan tukik yang baru menetas dari telurnya dan peristiwa ini merupakan pengalaman langka. Setelah penemuan tukik tersebut, Kasat Polair Polres Badung Iptu I Wayan Jiwa Antara memerintahkan anggota Polair untuk mengintensifkan pemantauan areal pantai utamanya pada musim penyu  bertelur seperti saat ini. 

"Ini jenis hewan langka yang dilindungi. Kami perintahkan anggota Polair untuk memantau areal pantai guna penyelamatan tukik jika ditemukan," ujarnya.

baca juga: 

Sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya kasus penyelundupan atau penjualan penyu secara ilegal di seputaran tukik ditemukan. Namun demikian pihaknya mengimbau kepada masyarakat  agar melapor ke polisi saat menemukan penyu atau tukik. 

"Jangan malah dijual atau dipelihara secara ilegal," pintanya. (OL-3)

Baca Juga

Antara

Tega, Sekdes di Brebes Curi Uang BLT Rp231 Juta

👤Supardji Rasban 🕔Senin 03 Agustus 2020, 23:49 WIB
Sekdes mencuri dan membawa kabur sebagian uang Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap III dana desa bagi warga terdampak...
MI/Gabriel Langga

Hanya Delapan dari 147 Desa di Sikka Tergolong Maju

👤Gabriel Langga 🕔Senin 03 Agustus 2020, 23:43 WIB
Tidak ada desa yang masuk kategori...
ilustrasi

Tolak Beri Rp20 Ribu, Istri Digebuk Suami Hingga Tewas

👤Solmi 🕔Senin 03 Agustus 2020, 23:34 WIB
Tindakan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan SAM dipicu masalah sepele, yakni lantaran ditolak isterinya saat meminta uang...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya