Jumat 31 Juli 2020, 11:45 WIB

Kurangi Plastik, DKI Taruh Wadah Daging Kurban dengan Besek Bambu

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Kurangi Plastik, DKI Taruh Wadah Daging Kurban dengan Besek Bambu

MI/Insi Nantika Jelita
Daging kurban diwadahi besek, bukan kantong kresek, sebagai bukti DKI peduli lingkungan

 

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menerapkan eco kurban atau ramah lingkungan dalam Hari Raya Idul Adha yang jatuh hari ini, Jumat (31/7).

Humas Dinas LH DKI Jakarta Yogi Ikhwan memperlihatkan gambar puluhan wadah potongan daging kurban ditaruh di besek bambu sebagai ganti kantong plastik sekali pakai atau kresek.

"Kami minta warga tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai atau kantong kresek sebagai pembungkus daging kurban," kata Yogi, Jakarta, Jumat (31/7).

Baca juga: DKI Beri 160 Hewan Kurban, Anies Sumbang Sapi Seberat 1,3 Ton

Larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai telah diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Rakyat.

DKI juga mengimbau kepada panitia kurban untuk memakai wadah daging kurban yang ramah lingkungan, yaitu besek bambu, daun pisang, bongsang, atau lainnya.

Selain itu, Yogi menyarankan agar penerima daging kurban untuk membawa wadah masing-masing di tempat pemotongan kurban. Protokol kesehatan harus diterapkan dengan menghindari kerumunan di satu lokasi.

"Jangan lupa untuk mengelola limbah pascapelaksanaan kegiatan kurban. Jangan dibuang sembarangan sampahnya," pungkas Yogi. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Risky Andrianto/Medcom.id

Ombudsman Sebut PPDB di Depok Selesai

👤KG/J-2 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 07:11 WIB
Mayoritas laporan terkait tidak diterimanya calon peserta didik pada seluruh tahapan PPDB (zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan...
Medcom.id

Ratusan Kios di Pasar Timbul Terbakar

👤Ins/J-2 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 07:05 WIB
Ada dua lokasi kebakaran. Pertama, di RT007/11, di situ ada 190 kios semi permanen dengan 114 pedagang yang...
MI/Dede Susiant

Kelompok Pengoplos Tabung Gas Ditangkap

👤Ykb/J-2 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 07:00 WIB
Dua TKP penyuntikan tabung gas, yaitu Kavling DPR A, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Cipondoh, dan di Kavling DPR Blok C, Gang Ambon RT002/06,...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya