Jumat 31 Juli 2020, 11:25 WIB

Masyarakat Diminta Patuhi Aturan Idul Adha Tahun Ini

Andhika prasetyo | Humaniora
Masyarakat Diminta Patuhi Aturan Idul Adha Tahun Ini

ANTARA/GALIH PRADIPTA
Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia.

 

Perayaan Idul Adha saat ini terasa sangat berbeda karena berlangsung pada masa pandemi covid-19. Kendati demikian, pemerintah memastikan pelaksanaan hari raya kurban tetap bisa berjalan secara khidmat di semua daerah, baik sholat berjamaah maupun prosesi penyembelihan hewan.

"Tetapi dalam hal ini kami juga meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia melalui keterangan resmi, Jumat (31/7).

Baca juga: Perbanyak Daging Kurban untuk Fakir Miskin dan Korban Covid-19

Untuk proses ibadah baik salat maupun penyembelihan hewan kurban, masyrakat diminta untuk menjalankan panduan pelaksanaan yang dikeluarkan Kementerian Agama, serta fatwa MUI dan juga aturan-aturan yang disiapkan pemerintah daerah masing-masing.

"Aturan-aturan ini bersifat saling melengkapi untuk memastikan keamanan masyrakat dalam beribadah serta tertib dalam menjalankan protokol kesehatan selama beribadah," tuturnya.

Adapun, masyarakat yang ingin bepergian mengunjungi saudara atau kerabat pun diimbau untuk melakukan tes kesehatan serta memastikan kondisi fisik dalam keadaan fit. Jangan memaksakan untuk bepergian atau mudik jika kondisi badan dalam keadaan kurang sehat.

"Semoga ibadah kita tahun ini menjadi lebih khidmat dalam suasana pandemi, sehingga bisa memberi makna yang dalam tentang pengorbanan seperti dicontohkan Nabi Ibrahim kepada kita semua," tandasnya. (H-3)
 

Baca Juga

ANTARA/ANIS EFIZUDIN

Menag: Tatap Muka Pesantren di Zona Kuning Lebih Mudah

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 18:30 WIB
Menag menilai  selama ini pesantren telah mampu menjalankan protokol kesehatan di dunia pendidikan dengan...
MI/CAHYA MULYANA

Insentif untuk Tenaga Kesehatan Langsung ke Rekening

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 18:15 WIB
Pemberian insentif per bulan sebanyak Rp15 juta bagi dokter spesialis, Rp10 juta dokter umum dan Rp7,5 juta bagi tenaga kesehatan lainnya...
MI/Agus Mulyawan

Mendikbud: Pembelajaran Tatap Muka Harus Ada Empat Persetujuan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 17:50 WIB
MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyebut ada empat persetujuan yang harus dipenuhi agar pembelajaran tatap muka...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya