Jumat 31 Juli 2020, 10:06 WIB

Perseverance Bertolak ke Mars

Basuki Eka Purnama | Internasional
Perseverance Bertolak ke Mars

AFP/Joel KOWSKY / NASA
Roket Atlas V yang membawa kendaraan penjelajah Mars Perseverance bertolak dari Cape Canaveral.

 

KENDARAAN penjelajah Mars terbaru milik NASA Perseverance, Kamis (30/7), diluncurkan untuk menjalankan misi mencari kehidupan mikroba kuno di planet merah itu serta menerbangkan sebuah pesawat nirawak di planet itu untuk pertama kalinya.

Perjalanan sebelumnya ke Mars menemukan bahwa planet itu lebih hangat dan lebih basah pada 3 juta tahun lalu dibandingkan saat ini sehingga kehidupan berbahan dasar karbon bisa hidup.

Misi Perseverance kali ini lebih maju yaitu menemukan apakah 'bisa ditinggali' bisa diubah menjadi 'pernah ditinggali'.

"Tidak ada penemuan yang lebih besar dalam sejarak manusia ketimbang menemukan kehidupan di luar dunia kita sendiri," ujar administrator NASA Jim Bdidenstine.

Baca juga: Florida Kembali Pecahkan Rekor Jumlah Tewas akibat Covid-19

"Jika kami menemukan bahwa hal itu benar, segalanya dari titik ini adalah, 'Benar, ada kehidupan di luar sana. Seperti apa mereka? Bagaimana kami mendapatkannya? Bagaimana kami mempelajarinya?" lanjutnya.

Roket Atlas V yang membawa Perseverance lepas landas sesuai jadwal pada pukul 7.50 waktu setempat (18.50 WIB) dari Cape Canaveral, Florida dan semua tahapannya berjalan sesuai rencana.

Jika semua berjalan sesuai rencana, Perseverance akan mencapai Mars pada 18 Februari 2021, menjadi kendaraan penjelajah kelima yang menjalankan tugasnya sejak 1997

Kelima kendaraan penjelajah itu adalah milik Amerika Serikat. Adapun Tiongkok memberangkatkan kendaran penjelajah pertama mereka pada pekan lalu dan dijadwalkan tiba di Mars pada Mei 2021. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/STR

Perilaku Tiongkok di LCS Bertentangan dengan Hukum Internasional

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 07:24 WIB
Masalah di LCS muncul saat Tiongkok mengklaim sekitar 80% wilayah perairan itu sebagai bagian dari negaranya melalui konsep 9 titik...
AFP/Handout / DALATI AND NOHRA

PM Libanon Mengundurkan Diri

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 05:22 WIB
Dalam pidato singkatnya di televisi, Diab mengatakan dia mengambil langkah mundur sehingga dapat berdiri bersama rakyat dan berjuang untuk...
AFP

Raja Media Hong Kong Ditangkap dengan UU Keamanan

👤MI 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 02:55 WIB
RAJA media Hong Kong Jimmy Lai, salah satu kritikus paling vokal terhadap Beijing, ditangkap Senin...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya