Kamis 30 Juli 2020, 22:33 WIB

Musi Banyuasin Berkomitmen tanpa Sampah Plastik saat Idul Adha

Dwi Apriani | Nusantara
Musi Banyuasin Berkomitmen tanpa Sampah Plastik saat Idul Adha

ANTARA FOTO/Reno Esnir
Ilustrasi : Hewan Kurban

 

Idul Adha 1441 H dipastikan akan digelar besok, Jumat (31/7) di Musi Banyuasin selain memperketat protokol kesehatan covid-19 juga
menggencarkan perayaan Idul Adha tanpa sampah plastik. Hal ini mengingat penggunaan sampah plastik berjumlah besar untuk wadah daging kurban terus terjadi saat perayaan Idul Adha setiap tahun.

"Jadi, selain tetap patuh pada protokol kesehatan di tengah wabah covid-19 ini, saya juga mengajak semua masyarakat untuk tidak memakai kantong plastik sekali pakai saat membungkus daging kurban," kata Dodi Reza Alex, Bupati Musi Banyuasin, Kamis (30/7).

Dikatakannya, Pemkab Muba melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) telah mengeluarkan Surat Edaran agar semua elemen dan masyarakat yang melaksanakan kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik dan mencari alternatif lain yang ramah lingkungan pengganti kantong plastik.

"Misalnya di Babat Supat, disana Ibu-Ibu PKK-nya bersama Pemerintah Kecamatan membuat wadah anyaman dan mengajak masyarakat menggunakannya sebagai pengganti kantong plastik untuk daging qurban. Nah, ini kiranya bisa juga diindahkan di Kecamatan-Kecamatan lainnya," ujar dia.

Dodi menerangkan uupaya penekanan penggunaan kantong plastik juga salah satu komitmen dan konsisten Muba dalam mempertahankan piala Adipura. "Kantong plastik ini kan sangat sulit hancurnya, mari kita cari alternatif lain penggantinya yang ramah lingkungan, kita jaga bersama-sama kebersihan di Kabupaten Muba ini," ungkap dia.

Dodi juga mengimbau agar warga tetap menggunakan masker dan membekali diri dengan APD lainnya saat perayaan Idul Adha nantinya. "Lindungi diri dan keluarga serta tetap jaga kebersihan," tuturnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muba, Andi Wijaya Busro mengajak masyarakat Muba yang melaksanakan qurban untuk membawa wadah sendiri dari rumah masing-masing sebagai pengganti kantong plastik. "Bawa wadah dari rumah masing-masing, bisa dari anyaman atau daun jati, intinya mari bersama-sama kita tekan penggunaan kantong plastik," tuturnya.

Andi menambahkan, pihak DLH Muba juga akan menerjunkan tim di lapangan untuk membersihkan sampah-sampah saat perayaan Idul Adha nantinya. "Nanti akan satuan tugas khusus yang bertugas untuk membersihkan sampah di titik-titik pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Muba," tandasnya. (OL-12)

Baca Juga

Antara

Tega, Sekdes di Brebes Curi Uang BLT Rp231 Juta

👤Supardji Rasban 🕔Senin 03 Agustus 2020, 23:49 WIB
Sekdes mencuri dan membawa kabur sebagian uang Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap III dana desa bagi warga terdampak...
MI/Gabriel Langga

Hanya Delapan dari 147 Desa di Sikka Tergolong Maju

👤Gabriel Langga 🕔Senin 03 Agustus 2020, 23:43 WIB
Tidak ada desa yang masuk kategori...
ilustrasi

Tolak Beri Rp20 Ribu, Istri Digebuk Suami Hingga Tewas

👤Solmi 🕔Senin 03 Agustus 2020, 23:34 WIB
Tindakan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan SAM dipicu masalah sepele, yakni lantaran ditolak isterinya saat meminta uang...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya