Kamis 30 Juli 2020, 09:14 WIB

Jadi Sejarah Baru, Popnas Diselenggarakan di Dua Provinsi

mediaindonesia.com | Nusantara
Jadi Sejarah Baru, Popnas Diselenggarakan di Dua Provinsi

DOK KOMINFO BABEL
Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan (tengah) dan Gubernur Sumsel Herman Deru (kiri).

 

Kesepakatan untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI 2021 di dua provinsi berlangsung lancar. Hal ini tercatat sebagai sejarah baru bagi Sumatera Selatan (Sumsel) dan Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk melaksanakan popnas bersama-sama.

“Ini merupakan sejarah baru bagi kedua gubernur. Belum pernah popnas diadakan antara dua pemerintahan. Alhamdulillah, Gubernur Sumsel menyambut baik usulan tersebut, di mana hal ini juga bertujuan sebagai pemerataan prestasi olahraga,” ungkap Gubernur Erzaldi.

“Kita ingin pelaksanaan Popnas XVI 2021 ini dapat dirasakan sebanyak-banyaknya oleh masyarakat, baik di Babel dan di Sumsel. Selain itu, ini bisa menjadi percepatan agar Babel bisa menjadi tuan rumah selanjutnya,” ujarnya.

Atas kesepakatan tersebut, maka akan segera dibentuk kepanitiaan bersama yang akan dibahas lebih lanjut mengenai lokasi pembukaan dan penutupan Popnas 2021 nanti.

Seperti diketahui, Provinsi Sumsel dan Provinsi Kepulauan Babel merupakan wilayah serumpun yang berdekatan dengan latar belakang sejarah sebagai “kakak-adik” yang terus bersatu, khususnya untuk penyelenggaraan popnas. Dengan dimulainya kerja sama ini, diharapkan juga bagi kedua provinsi bisa menyelenggarakan PON bersama-sama.

“Mudah-mudahan dengan popnas yang diselenggarakan di dua provinsi, maka PON juga bisa diselenggarakan di dua provinsi (Sumsel-Babel). Ini menjadi cikal bakal untuk menuju event-event nasional yang dilakukan dua tahun sekali tersebut,” ujar Gubernur Erzaldi.

Pelaksanaan popnas di kedua provinsi ini akan berdampak sangat bagus untuk mempercepat dan memacu perekonomian  bagi kedua belah pihak.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sumsel Herman Deru juga mengungkapkan rasa senangnya bisa melaksanakan Popnas XVI 2021 bersama Provinsi Babel. Mengingat di masa sulit seperti sekarang, hubungan kerja sama yang baik sangat dibutuhkan untuk pemulihan ekonomi.

“Justru kami senang bisa melaksanakan popnas bersama ini. Sebagai saudara yang serumpun, tentunya kita juga menginginkan kebahagiaan yang sama,” ungkap Gubernur Herman Deru.

Rencanaya, Popnas XVI 2021 akan dilaksanakan pada 12-25 Oktober 2021 dan akan mempertandingkan 24 cabang olahraga.

Berikut adalah enam cabang olahraga yang akan diselenggarakan di Babel, yaitu judo, voli pasir, karate, panahan, panjat tebing, dan tinju. Sedangkan untuk cabor yang akan diselenggarakan di Sumsel yaitu atletik, renang, angkat besi, bulu tangkis, pencak silat, bola voli, bola basket, sepak bola, sepak takraw, tenis, tenis meja, senam, taekwondo, gulat, dayung, wushu, kempo, dan anggar. (Kominfo/OL-10)

Baca Juga

Dok polda jatim

Kapolda Jatim Terima Lencana Jer Basuki Mawa Beya Emas

👤Heri Susetyo 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 14:46 WIB
Penghargaan ini diberikan atas kerja keras, dedikasi dan pengabdian kapolda untuk Provinsi...
ANTARA/KORNELIS KAHA

Siswa SMP di Kota Kupang KBM Tatap Muka Mulai September

👤Palce Amalo 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 14:45 WIB
"Sesuai SKB empat menteri, zona hijau boleh masuk sekolah, tetapi dengan protokol kesehatan," kata Kadis Pendidikan Kota Kupang,...
MI/Vicky

Jatim Ujicoba Tatap Muka Belajar 18 Agustus

👤Faishol Taselan 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 14:34 WIB
Menurut Gubernur ujicoba tersebut akan diberlakukan dengan beberapa tahapan penting, tidak semua sekolah melakukan uji coba proses belajar...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya