Rabu 29 Juli 2020, 21:08 WIB

Pemprov DKI: Perusahaan Jangan PHK Karyawan yang Positif Covid-19

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Pemprov DKI: Perusahaan Jangan PHK Karyawan yang Positif Covid-19

MI/Ramdani
Pekerja mengenakan masker saat beraktivitas

 

PERUSAHAAN diminta tidak memecat atau memutus hubungan kerja (PHK) karyawanya yang terjangkit covid-19. Hal itu sudah tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta Nomor 1477 Tahun 2020.

"Yang paling penting kepada karyawan itu mekanismenya tidak boleh di-PHK. Hak-haknya sebagai pegawai tetap harus ditunaikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnaker) DKI Jakarta Andri Yansyah di Gedung Disnaker, Gambir, Jakarta, Rabu (29/7)

Selain itu, Andri juga meminta perusahaan tidak memecat karyawan yang melaporkan bahwa tempat kerja mereka terpapar covid-19. Ia mengatakan, jika ada karyawan yang melaporkan ke Disnaker bakal dijamin identitasnya.

"Identitas dari pelapor tetap kami rahasiakan. Dalam SK 1477 juga kami membuat semacam pakta integritas yang harus diisi oleh perusahaan soal protokol," jelas Andri.

Baca juga : Ada Karyawan Covid-19, 8 Perusahaan Ditutup Saat PSBB Transisi

Meski ada pakta integritas, Andri menegaskan bakal sidak perusahaan jika mendapat laporan ada indikasi pelanggaran protokol kesehatan. Disnaker, ungkapnya, menerima laporan dari masyarakat dan ada yang dari karyawan perusahaan itu sendiri.

"Saya harus kroscek kebenaran laporan yang diberikan perusahaan tersebut. Lrosceknya kami buat sistem pengaduan yang bisa langsun ke kami," tutut Andri.

"Covid-19 ini adalah musuh kita bersama, jadi tidak perlu lagi ditutup-tutupi. Kalau ditutup-tutupi bukannya makin sedikit itu kasus, malah semakin besar," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Medcom

DKI Klaim Mampu Periksa Spesimen Covid-19 Hampir 11 Ribu per hari

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 23:04 WIB
"Kapasitas lab kami bisa 10 ribu lebih sehari. Saat ini kami sudah mempunyai 54 lab jejaring yang bisa mendeteksi (covid-19),"...
MI/Ramdani

Indosat Bantah Diminta Pemprov DKI untuk Tutup Kantor

👤Susanto 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 21:22 WIB
Menurut dia, dalam sidak tersebut, pihak Indosat Ooredoo telah menandatangani pakta...
Antara

Anies Minta Peran PMI Perangi Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 20:52 WIB
“Para pengurus yang barusan dilantik ini mendapatkan tugas ekstra, terlebih pada masa pandemi seperti sekarang. Ada PR besar terkait...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya