Rabu 29 Juli 2020, 10:20 WIB

Bantu Pendidikan Indonesia, Daewoong Kembali Beri Beasiswa

Mediaindonesia.com | Humaniora
Bantu Pendidikan Indonesia, Daewoong Kembali Beri Beasiswa

Dok.Daewoong Foundation
Penyerahan beasiswa bertujuan untuk meningkatkan sektor layanan kesehatan di Indonesia dan mendorong pengembangan teknologi medis.

 

SEBAGAI bentuk kepedulian mereka terhadap dunia pendidikan Indonesia, yayasan penyedia beasiswa perusahaan farmasi Daewoong Group asal Korea Selatan, Daewoong Foundation  memberikan beasiswa kepada 55 mahasiswa berbakat dari Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam Program Beasiswa Daewoong Foundation 2020.

Peserta akan diberikan beasiswa senilai Rp14 juta dan dibekali dengan   pengetahuan dan temuan riset terbaru, serta pendidikan tingkat global di bidang kesehatan akan dilakukan secara online. Jika diperlukan, peserta dapat mengunjungi Daewoong Group’s Daewoong Pharmaceutical Research Center (Pusat Penelitian Farmasi Daewoong Group) di Korea Selatan selama dua bulan untuk mendapatkan bantuan terkait penelitian yang sedang mereka lakukan.

Baca juga: 10 Siswa Terbaik Sabet Beasiswa LOTTE

Salah satunya adalah DWP710, yakni antivirus covid-19 berbasis stem cell pertama di Indonesia yang dikembangkan oleh Daewoong Pharmaceutical, telah mendapatkan izin untuk memulai uji klinis fase pertamanya di Indonesia pada 20 Juli lalu melalui Daewoong Infion, perusahaan joint venture bagian dari Daewoong Group.

"Daewoong Foundation bertujuan untuk mendukung pengembangan teknologi kesehatan di Indonesia dengan cara mengembangkan orang-orang berbakat di bidang layanan kesehatan dan berkontribusi meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia," kata Executive Director Daewoong Foundation, Jong Won Seo.

"Kami sangat terkesan dengan tingginya minat para penerima beasiswa tahun ini terhadap stem cell, penelitian pengobatan COVID-19, dan biofarmasi. Melalui program ini, kami berencana untuk memberikan dukungan bagi para mahasiswa agar mereka bertumbuh menjadi para pemimpin di sektor layanan kesehatan," imbuhnya.

Menurut Jong Won Seo Program Beasiswa Daewoong Foundation 2020 merupakan program pengembangan bakat yang telah dilakukan oleh Daewoong Foundation sejak 2012 untuk mendukung pengembangan teknologi kesehatan di Indonesia. Program itu ditujukan untuk mahasiswa Fakultas Farmasi dan Fakultas Kedokteran dari UI dan ITB, di mana peserta diseleksi melalui wawancara online. Sebanyak 140 mahasiswa telah mendaftar untuk program beasiswa ini dan mencatat tingkat rasio penerimaan rata-rata tercatat sebesar 2,5 berbanding 1.

Untuk kali ini, kata dia,  acara 'Daewoong Foundation Scholarship Awarding Ceremony 2020’ sengaja dilakukan secara online pada  24 Juli lalu untuk mencegah penularan covid-19. Perwakilan Daewoong Foundation, 55 penerima beasiswa, Duta Besar RI untuk Korea SelatanUmar Hadi, Direktur Kemahasiswaan UI Dr Devie Rahmawati, S.Sos, dan Kepala Bidang Kesejahteraan dan Pengembangan Karakter ITB, Nenden Rina S.T, M.T, turut hadir pada upacara pemberian beasiswa itu.

Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi menyampaikan terima kasih atas beasiswa itu. "Saya kagum dengan Daewoong Foundation yang secara fleksibel dapat menggunakan platform online untuk melakukan seremoni pemberian beasiswa saat pandemi covid-19, dan saya percaya bahwa mahasiswa muda dan berbakat Indonesia dengan potensi besar akan tumbuh berkembang melalui bimbingan Daewoong Foundation."

Melalui ‘Daewoong Foundation Scholarship Program,’ Daewoong Foundation telah memberikan beasiswa dengan total nilai Rp5,15 miliar kepada 475 orang hingga tahun ini. Daewoong Foundation juga berdonasi dengan mendirikan  Laboratorium Penelitian Bio untuk UI pada 2018 lalu sebagai bentuk kontribusi dalam  meningkatkan kemampuan akademik melalui pendirian fasilitas penelitian di Indonesia. (RO/A-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

BP2MI Deklarasi Setia Terhadap Pancasila dan UUD 1945

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 14:31 WIB
ASN harus memiliki nilai-nilai dasar di antaranya kewajiban untuk memegang teguh ideologi Pancasila, setia, dan mempertahankan UUD...
Dok: Web KLHK

Kayu Geronggang, Bahan Baku Potensial dari Lahan Gambut

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 14:20 WIB
Nilai sifat fisik pulp geronggang yang meliputi indeks tarik, retak dan sobek sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai bahan baku pulp kayu...
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Keluarga Empat Nakes yang Gugur Tangani Covid-19 Dapat Santunan

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 14:13 WIB
Adapun dana santunan yang diberikan kepada para ahli waris sebesar Rp300 juta. Selain santunan, tenaga kesehatan yang gugur juga menerima...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya