Rabu 29 Juli 2020, 18:29 WIB

KBRI New Delhi Berhasil Pulangkan 24 WNI

Retno Hemawati | Internasional
KBRI New Delhi Berhasil Pulangkan 24 WNI

KBRI New Delhi
Repatriasi mandiri kelima.

 

KBRI New Delhi terus melakukan upaya perlindungan kepada WNI yang tertahan di India akibat pemberlakuan kebijakan lockdown oleh Pemerintah India karena pandemi covid-19, sejak 24 Maret 2020. Hanya terpaut 4 (empat) hari sejak program repatriasi mandiri Jilid-4 yang dilaksanakan pada 23 Juli lalu, pada Selasa (27/7), KBRI New Delhi kembali sukses melaksanakan program repatriasi mandiri untuk yang kelima kalinya. Sebanyak 24 orang WNI terdaftar dalam program repatriasi mandiri jilid-5 ini.

Program repatriasi kali ini menggunakan penerbangan Garuda Indonesia (GA 8150) rute Delhi–Medan–Jakarta, dengan ETA di Jakarta tanggal 28 Juli 2020, pukul 02.15 dini hari. Dari 24 WNI tersebut, 1 orang diantaranya adalah pelajar, 21 orang peziarah religi, dan 2 orang wisatawan. Mereka datang dari negara bagian Haryana, Punjab, dan Karnataka.

Seperti repatriasi yang telah dilakukan sebelumnya, KBRI New Delhi memfasilitasi para WNI dengan surat jalan untuk dimanfaatkan saat melanjutkan perjalanan ke daerah masing-masing di Indonesia, surat keterangan telah melaksanakan tes covid-19, dan APD lengkap demi kelancaran dan keamanan mereka hingga sampai di Tanah Air.

KBRI juga memfasilitasi pelaksanaan swab test/PCR untuk para peserta repatriasi melalui lembaga kesehatan terakreditasi di India. Untuk memberikan asistensi dan menjamin kelancaran pergerakan di bandara, para peserta dan Satgas KBRI untuk repatriasi mandiri telah bersiap di Terminal-3, Indira Gandhi International Airport (IGIA) New Delhi sejak pukul 7 pagi, selain untuk berkoordinasi dengan otoritas bandara dan pihak-pihak terkait juga persiapan kelengkapan dokumen perjalanan dan perbekalan. Pesawat akhirnya dapat tinggal landas dengan waktu keberangkatan pukul 15.45 waktu New Delhi.

Counsellor Pensosbud, Irvan Fachrizal, selaku koordinator lapangan menuturkan “KBRI akan terus melakukan tugas perlindungan dengan mengidentifikasi WNI tertahan di seluruh Negara Bagian di India agar dapat kembali ke Indonesia melalui program serupa. Mengacu pada pengalaman beberapa kali repatriasi sebelumnya, inshaAllah kedepannya akan lebih baik lagi dan WNI bisa segera berkumpul dengan keluarga tercinta di tanah air. Tentunya hal itu yang menjadi semangat buat kami dalam menjalankan tugas untuk mensukseskan setiap program repatriasi” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, Rabu (29/7).

Hingga saat ini, Jumlah total WNI yang telah berhasil dipulangkan dari India sebanyak 419 orang (dari wilayah KBRI New Delhi dan dari wilayah KJRI Mumbai). Dari wilayah KBRI New Delhi sendiri terdapat 238 orang orang, yakni repatriasi perdana sebanyak 59 WNI, repatriasi jilid-2 sebanyak 107 WNI, repatrasi ke-3 sebanyak 47 WNI, repatriasi ke-4 dengan 1 WNI, dan repatriasi kali ini sebanyak 24 WNI. (OL-12)

 

Baca Juga

AFP

Filipina Targetkan Uji Klinis Vaksin Rusia pada Oktober

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 15:35 WIB
Filipina berencana untuk melaksanakan uji klinis untuk vaksin covid-19 buatan Rusia pada Oktober...
ANTARA/Dhemas Reviyanto

Indonesia Perkuat Diplomasi Perdamaian di Tengah Pandemi

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 14:35 WIB
"Pandemi telah meningkatkan kerentanan negara-negara terdampak konflik. Beberapa negara bahkan terancam jatuh kembali ke jurang...
AFP/LUDOVIC MARIN

Prancis Tingkatkan Militernya di Mediterania untuk Hentikan Turki

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 12:55 WIB
Presiden Emmanuel Macron pada Rabu (12/8) mengatakan bahwa Prancis akan meningkatkan kehadiran militernya di Mediterania...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya